Breaking News
_
Home / Medan / KAI Catat Angkut 303.945 Penumpang Selama Masa Lebaran
WOL Photo/Eko Kurniawan

KAI Catat Angkut 303.945 Penumpang Selama Masa Lebaran

MEDAN, Waspada.co.id – PT KAI Divre I Sumut mencatat selama 22 hari masa angkutan Lebaran yang dimulai tanggal 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019, telah mengangkut penumpang dengan jumlah total 303.945 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 151.183 penumpang KA Utama (jarak jauh dan menengah semua kelas) dan 152.762 orang penumpang KA lokal dengan Pencapaian Volume Penumpang kurang lebih 99,02 persen.

Manager Humas KAI Divre I Sumut, Ilud Siregar, menuturkan tahun ini pelaksanaan angkutan Lebaran dari perkeretaapian kembali berjalan lancar terlaksana dengan aman, lancar dan terkendali.

“Dari segi keamanan tingkat gangguan keamanan dan ketertiban dalam perjalanan di tahun 2019 terjadi 4 kali pelemparan,” tuturnya, Rabu (19/6).

Walaupun tidak ada korban jiwa akibat pelemparan tersebut, namun kerugian dialami PT KAI (Persero) Divre I SU akibat pecahnya kaca pintu bordes kereta.

“Kejadian ini membuat pihak PT KAI (Persero) Divre I SU kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatapenyelenggaraan perkeretaapian sesuai dengan amanat UU No. 23 tahun 2007 pasal 173,” jelasnya.

Masyarakat juga diminta melaporkan jika melihat orang yang melakukan tindak pelemparan terhadap KA karena keselamatan perjalanan transportasi umum merupakan tanggung jawab bersama.

“Sementara bagi pelaku pelemparan, sesuai UU No. 23/2007 pasal 180 dan Kitab UU Hukum Pidana pasal 194 (1), dapat terancam hukuman pidana jika terbukti melakukan pelemparan terhadap KA,” katanya.

Selanjutnya untuk kejadian barang hilang milik penumpang Nihil dan barang penumpang yang ketinggalan sebanyak 2 kejadian dan sudah di kembalikan ke para penumpang dengan nilai yang terbesar berupa logam emas seberat 5 gram dan uang tunai sebesar Rp500.000.

“Pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini di Divre I SU dengan moda kereta api kembali sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Atas kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran Tahun 2019, kami menyampaikan apresiasi kepada pengguna jasa kereta api atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik/balik Lebaran tahun ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, serta anggota komunitas pecinta KA yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2019,” tandas Ilud. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Permudah Layanan, Tiket KAI Bisa Check-In di Stasiun Online

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk memberikan kemudahan kepada penumpang yang akan menggunakan kereta api, mulai 17 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.