Home / Medan / Kadis Pertamanan: Pohon Tumbang Ini Bencana
WOL Photo

Kadis Pertamanan: Pohon Tumbang Ini Bencana

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan, Zulkifli Sitepu, mengungkapkan tumbangnya pohon di depan Merdeka Walk tepatnya di Jalan Balai Kota, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, merupakan tanggung jawab dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota. Sebab, insiden tersebut merupakan bencana.

“Pohon tumbang ini bencana. Sehingga yang harus bertanggungjawab pihak BPBD Kota Medan,” ungkapnya kepada Waspada Online, saat meninjau lokasi, Senin (9/1).

Zulkifli menyebutkan, mengenai adanya korban luka serta mobil dan sepeda motor yang rusak akibat tertimpa pohon Dinas Pertamanan belum bisa memberikan bantuan biaya perobatan dan biaya ganti rugi terhadap kendaraan yang rusak. “Ya untuk biaya ganti rugi coba tanyakan kepada pihak BPBD Kota Medan. Sebab mereka yang bertanggungjawab,” sebutnya.

Disinggung mengenai bentuk tanggung jawab Dinas Pertamanan dalam insiden pohon tumbang tersebut, Zulkifli mengaku akan memeriksa seluruh pohon yang berada di Merdeka Walk apakah masih layak untuk berdiri atau akan dilakukan penebangan. Sehingga ke depannya tidak ada lagi bencana pohon tumbang.

“Ya akan secepatnya kita turunkan tim peneliti untuk memeriksa seluruh pohon-pohon yang ada di Merdeka Walk tersebut. Apabila nantinya ditemukan adanya pohon yang sudah tidak layak, akan dilakukan penebangan agar kejadian pohon tumbang yang terjadi hari ini tidak terulang kembali,” ujarnya tak menyangka adanya kejadian pohon tumbang tersebut.

Menurutnya, tumbangnya pohon di depan Merdeka Walk dikarenakan telah ditutup jalur akar sebagai penahan pohon. Karena akar pohon tidak dapat menjalar sehingga pohon pun tumbang.

“Sebenarnya tempat berdirinya pohon-pohon ini tidak boleh disemen atau ditutup. Nah, hal inilah yang menyebabkan akar pohon membusuk dan terjadi pohon tumbang tanpa diduga-duga,” ujarnya sembari sesekali memeriksa pohon-pohon yang berada di dalam Merdeka Walk.

Dalam kejadian pohon tumbang itu, sambung mantan Kadis Kominfo Kota Medan ini menduga ada kelalaian dari pengelola Merdeka Walk yang menutup jalur akar pohon tersebut.

“Ya kalau ada kelalaian dari pihak Merdeka Walk masih kita dalami. Semuanyakan ada proses,” tukas Zulkifli.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Penambahan Rp3 Miliar Untuk e-KTP Sangat Urgent dan Prioritas”

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemko Medan, Irwan Ritonga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: