Home / Fokus Redaksi / Jumlah Korban Hilang KM Sinar Bangun Resmi 164 Orang
WOL Photo/M. Rizki

Jumlah Korban Hilang KM Sinar Bangun Resmi 164 Orang

TIGARAS, Waspada.co.id – Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan, menyebutkan hasil rapat yang melibatkan berbagai unsur menyepakati bahwa data korban yang belum ditemukan berdasarkan hasil pencocokan daftar keberangkatan (manifest) dan penyelidikan Polres Simalungun, Polres Samosir, dan Jasa Raharja Sumut berjumlah 164 orang.

“Hasil pencocokan dan penilaian jumlah penumpang dan ABK KM Sinar Bangun VI adalah 188 orang. Dengan keterangan 21 orang selamat, meninggal 3 orang belum ditemukan 164 orang,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (25/6).

Dikatakan, jika terdapat kekeliruan pendataan hasil pencocokan dan penilaian terhadap data jumlah korban, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Mengapa simpang siurnya data papan pengumuman dan data yang baru dipaparkan, menurut Budiawan dikarenakan adanya pelaporan ganda yang dilakukan pihak keluarga korban di dua tempat (Pelabuhan Simanindo dan Pelabuhan Tigaras). Setelah dilakukan pencocokan, barulah diketahui nama sebenarnya.

“Di Samosir dilaporkan nama asli, tapi di Simalungun dilaporkan nama panggilan. Jadi berdasarkan kesepakatan dijadikanlah satu nama, maka jadilah jumlah korban 164 orang. Pengurangannya ada 20 nama,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kesaksian Korban Selamat Kapal Tenggelam di Jember yang Tewaskan 6 Orang

  JEMBER – Salah seorang korban selamat tenggelamnya kapal nelayan pencari ikan KM Joko Berek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: