_
Home / Medan / JKW Berkah Deklarasi Anti Hoax Bantu Program Kerja Pemerintah
WOL Photo/Lihavez SA

JKW Berkah Deklarasi Anti Hoax Bantu Program Kerja Pemerintah

MEDAN, Waspada.co.id – Ribuan masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Kerja Warga (JKW) Berkah konvoi berkeliling Kota Medan, Minggu (27/1).

Dengan menaiki truk terbuka sembari membawa spanduk massa mendeklarasikan diri menolak berita palsu, hoax, yang mencoba memfitnah kinerja pemerintah.

Harun Nuh selaku Pimpinan Jaringan Kerja Warga (JKW) Berkah, mengatakan deklarasi anti hoax membantu pemerintah dalam menjalankan kebijakan. Sebab, dalam empat tahun terakhir khususnya politik tentang kebijakan agraria nasional mempunyai beberapa perbaikan yang penting.

Pertama adanya segi keinginan politik pemerintah Joko Widodo yang berusaha untuk mengerem laju eksploitasi berlebihan sumber daya alam oleh industri skala besar.

Beberapa contoh dari kebijakan seperti ini adalah mengeluarkan kebijakan moratorium penglepasan kawasan hutan untuk perkebunan sawit, moratorium perubahan (konservasi) hutan primer dan larangan eksploitasi kawasan gambut.

Kedua, terdapat politik kebijakan kerakyatan yang bertujuan untuk mengurangi kesenjagaan struktur agraria pedesaan. Praktik kebijakan tersebut dapat dilihat dari keberpihakan pemerintah dalam memberikan Dana Desa (DD) yang besar kepada seluruh desa. Kemudian melakukan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau sertifikasi tanah.

“Dengan deklarasi ini akan menghempang dari perlawanan pihak-pihak yang mencoba memfitnah pemerintahan dengan berita bohong, hoax, yang terus dilakukan untuk mencegah pemerintah yang peduli masyarakat pedesaan ini dihentikan,” ungkapnya saat menyampaikan orasi.

Harun Nuh mengungkapkan di era Pemerintahan Joko Widodo telah menjawab sabotase dengan membagikan tanah dan mendorong rakyat mengelola hutan dan mendirikan pabrik-pabrik agar bisa menyerap produksi rakyat.

“Kebijakan positif tersebut telah berjalan secara memuaskan dan harus dilanjutkan. Sebab, baru empat tahun setelah 73 tahun kemerdekaan orang-orang pinggiran diperhatikan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, sambung Harun, Jaringan Kerja Warga (JKW) Berkah mendukung Joko Widodo untuk melanjutkan roda pemerintahan satu periode lagi 2019-2024.

“Kami juga mengajak warga Sumatara Utara untuk bekerja keras mensukseskan pemilu yang damai dan mendukung pemerintahan yang bekerja untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Jokowi Bingung Mengapa PKB Gelar Muktamar di Bali

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam muktamar PKB di Bali. Dalam sambutannya, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.