_
Home / Medan / Jelang Idul Adha, Harga Kambing Naik
WOL Photo

Jelang Idul Adha, Harga Kambing Naik

MEDAN, Waspada.co.id – Jelang Hari Raya Idul Adha 2019, harga kambing di Kota Medan dan sekitarnya mulai mengalami kenaikan.

Namun harga tersebut masih wajar karena belum terlalu tinggi. Seorang peternak kambing di Deliserdang, Budi menuturkan memang ada kenaikan harga kambing di bandingkan tahun lalu. Untuk jenis kambing biri-biri naiknya sekitar Rp100-200 ribu per ekor.

”Kambing dewasa jantan jenis biri-biri tahun lalu yang biasa Rp1,5 juta per ekor kini bisa mencapai Rp1,6-1,7 juta per ekor. Tapi harga tersebut masih wajar belum terlalu mahal,” ujarnya, Sabtu (10/8).

Dan harganya bervariasi mulai dari Rp1,5-2,7 juta per ekor. Sedangkan jenis kambing etawa mulai dari Rp3,7 juta hingg Rp6 juta bahkan sampai Rp8 juta tergantung ukurannya.

“kenaikan harga kambing dikarenakan harga pengambilan juga meningkatkan. Tahun lalu hanya sekitar Rp800 ribu per ekor dan sekarang hampir mencapai Rp1 juta per ekor,” jelas Budi.

Memang biasa pesan kambing anakan ke masyarakat atau peternak lainnya. Jadi kambingnya dirawat lagi sampai mencapai umur untuk di kurbankan. Itu biasanya memakan waktu lebih dari 3 bulan dan per hari nya untuk biaya makan (rumput) sekitar Rp2.000 an.

Untuk penjualan, sampai saat ini ada sekitar 10 ekor kambing. Dan biasanya, pemesanan akan meningkat jika mendekati Idul Adha.

“Kalau yang datang kemari, kambingnya tidak langsung diambil, hanya ditandai saja. Biasanya, warga yang hendak berkurban baru akan mencari kambing sehari atau dua hari sebelum Idul Adha,” jelasnya.

Tahun lalu, ia berhasil menjual lebih dari 60 ekor kambing. Dan tahun ini, ia hanya menyediakan sekitar 30 ekor kambing saja. Ini dikarenakan biaya operasional untuk merawat kambing terus meningkat.

“Upah untuk pekerja mencari rumput per hari itu sekitar Rp50.000 per orang. Jika semakin banyak kambing maka semakin banyak pengeluaran,” tandasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

CCAI Ajak Mitra Bangun Bisnis Kuat dan Berkelanjutan

JAKARTA, Waspada.co.id – Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) kembali menggelar malam penghargaan Partner for Growth ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.