Home / Medan / Irsal: Perda Tentang Produk Halal dan Higienis Untuk Lindungi Masyarakat
WOL Photo

Irsal: Perda Tentang Produk Halal dan Higienis Untuk Lindungi Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – DPRD Medan berkomitmen agar hubungan antara eksekutif dan legislatif berjalan baik dalam menjalankan roda pemerintahan. Bentuk hubungan baik tersebut bisa dalam bentuk mengajukan peraturan daerah (Perda), seperti Perda Kota Medan Nomor 10 tahun 2017 tentang Pengawasan serta Jaminan Produk Halal dan Higienis.

Anggota DPRD Medan, Irsal Fikri, mengatakan setiap umat Islam wajib hukumnya mengonsumsi produk halal dan higienis. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah semua produk yang beredar di pasaran sudah dianggap bebas dari praktik haram? Oleh karena itulah, di negara kita ini ada lembaga yang siap mengkaji kehalalan sebuah produk.

“Apakah makanan dan minuman yang kita konsumsi selama ini terjamin gak kehalalannya dan higienisnya? Halal dan higienis ini bukan hanya produk, tapi penyediaan bahan hingga pengolahan,” ungkapnya saat menggelar Sosialisasi Perda 10/2017 tentang Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis di Jalan STM Ujung, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Medan Johor, Rabu (3/4) sore.

Irsal menyampaikan regulasi ini hadir dan dibuat untuk melindungi masyarakat dari berbagai produk seperti makanan serta minuman yang tidak halal dan higienis. Terutama, bagi umat islam yang ada khususnya di Kecamatan Medan Sunggal.

“Perda ini dibuat semata-mata ingin melindungi umat Islam dari mengonsumsi produk yang tidak halal maupun higienis. Sebab, masih banyak produk seperti makanan proses pembuatannya belum tentu halal maupun higienis. Apabila proses pembuatannya seperti itu, maka jangan dikonsumsi sekalipun itu murah,” ungkap Irsal.

Lurah Sukamaju Harry Agus Perdana, menuturkan dalam penerapan perda tersebut memang diperlukan peran serta masyarakat untuk mengawasi secara bersama-sama. Artinya, tidak hanya Pemko Medan saja.

“Masyarakat harus peduli terhadap setiap produk yang akan dikonsumsi, apakah tak diragukan lagi kehalalan dan kehigienisannya,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Diduga Tak Netral, Wakil Ketua DPRD Medan Bilang Ini Untuk Pejabat Pemko

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, menyebut beberapa waktu belakangan, masyarakat di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: