_
Home / Medan / Inilah Proses Pembuatan Dupa Untuk Imlek
WOL Photo/Eko

Inilah Proses Pembuatan Dupa Untuk Imlek

MEDAN, WOL – Penjualan dupa menjelang Perayaan Puncak Imlek 2567 yang jatuh pada, Senin (8/2) terus meningkat. Sehingga perajin dupa harus bekerja ektra untuk memenuhi pesanan dan pemesanan   dupa dari para penjual kebutuhan Imlek.

Menurut pengakuan perajin dupa, pembuatan dupa harus memakan waktu yang cukup lama dan melalui beberapa proses dari mulai pencetakan dupa hingga pengecatan sehingga memerlukan waktu relatif lama.

Menurut pengakuan seorang perajin dupa, Halim warga Glugur, bahan baku utama dupa adalah srbuk kayu yang kemudian sudah dicampur dengan lem kayu.

Untuk membentuk dupa. Bahan tersebut dituangkand alam Loyang dan kemudian diberi ukiran bermotif naga dengan menggunakan serbuk kayu yang sudah di campur dengan bahan-bahan lainnya.

“Proses pembuatan dupa cukup memakan waktu lama dari mulai proses pencetakan, hingga proses pengecatan. Dan sehari perorang bisa menghasilkan 20-30 batang dupa, apalagi menjelang Imlek ini, pesanan meningkat mau tidak mau kita harus tingkatkan pengerjaan,” jelas pria yang sudah 35 tahun menggeluti profesi ini.

Diakuinya, walaupun tidak menggunakan cetakan, pengukiran motif naga pada batang dupa tidak terlalu sulit karena sudah menjadi kebiasaan untuk menggambar motif naga.

适适

“Sedangkan untuk pengukiran motif naga dibatang dupa tidak telalu sulit,karna kita mengukir dengan imajinasi sendiri dan tidak menggunakan cetakan sebab sudah menjadi makanan sehari-hari jadi sudah biasa,”tutupnya.(wol/eko/data1)

Check Also

Jafri: Persiapan Sudah, Sekarang Tinggal Mental Pemain

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan akan menghadapi laga krusial kontra Martapura FC dalam lanjutan babak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.