Breaking News
Home / Medan / Inilah Keterangan Saksi Pembakar Rumah Tewaskan Sekeluarga
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

Inilah Keterangan Saksi Pembakar Rumah Tewaskan Sekeluarga

MEDAN, WOL – Dalam kasus kelima terdakwa pembakar rumah yang menewaskan keluarga Gandi Ginting di Jalan Pertanian, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, kini memasuki sidang agenda keterangan saksi di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (12/10).

Adapun dalam persidangan yang diketua hakim Richad Silalahi SH MH, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sindu Utomo, menghadirkan dua saksi yakni Parulian selaku tetangga Gandi Ginting dan Barita Perangin-angin selaku penjual bensin eceran yang digunakan kelima terdakwa dalam melakukan pembakaran.

Dalam keterangannya, Parulian menuturkan keliamanya sudah berencana sebanyak empat kali membakar hidup-hidup keluarga Gandi di rumahnya.

“Percobaan pembakaran yang pertama sampai ketiga kalinya berhasil digagalkan karena pelaku terlihat warga lalu kabur. Tetapi pas keempat kalinya para terdakwa baru behasil,” ucapnya di persidangan yang dilangsungkan di Ruang Cakra VII, PN Medan.

Lebih lanjut, Parulian juga mengaku bahwa rumahnya juga hampir menjadi salah sasaran para pelaku karena saling berdekatan.
“Kalau tidak salah tahun 2016 rumah saya hampir saja salah sasaran pelaku karena rumah saya memang dekat pula sama Gandi pak hakim,” katanya.

Sementara itu, saksi Barita mengatakan di dalam persidangan bahwa dia tidak mengetahui kalau bensin yang dibeli akan digunakan pelaku untuk melakukan pembakaran.

“Saya tidak tahu apa-apa pak hakim. Mungkin sewaktu orang itu membeli bensin bukan saya yang menjaga warung karena anak dan isteri saya juga kadang-kadang ikut menjaga warung,” sautnya saat ditanyai hakim ketua Richad.

Setelah mendengarkan semua keterangan saksi, Hakim Ketua, Richad, menutup sidang dan akan dilanjutkan pekan depan.

Perlu diketahui, kelima terdakwa pelaku pembakaran yakni Jaya Mita Boru Ginting dan Cari Muli Boru Ginting berperan sebagai perencana pembakaran serta Maju Suranta Siallagan alias Maju Ginting, Rudi Suranta Ginting, Julpan Nitra Purba berperan sebagai eksekutor pembakaran.

Selanjutnya, atas kejadian itu, keluarga Gandi Ginting yang saat itu sedang tidur terdiri dari istrinya Merita Boru Sinuhaji, anaknya Frengki Ginting serta kedua cucunya Kristin Boru Ginting dan Selvi Boru Ginting harus tewas mengenaskan.(wol/iam/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Lihavez SA

TNI Dukung Polri Tindak Tegas Bandar Narkoba

MEDAN, WOL – Kodim 0201/BS tetap menjaga soliditas dan sinergitas dengan Polrestabes Medan dan Pemko ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.