Home / Fokus Redaksi / Inilah Cara Bedakan SIM Asli dan Palsu
WOL Photo

Inilah Cara Bedakan SIM Asli dan Palsu

MEDAN, WOL – Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengungkapkan ada perbedaan antara Surat Izin Mengemudi (SIM) asli maupun palsu yang ditandai dengan adanya hologram.

“Agar masyarakat jangan tertipu dalam pembuatan SIM sebaiknya melakukan pemeriksaan. Untuk SIM asli ada hologram bendera merah putih di belakang blanko. Sementara SIM palsu tidak ada hologram merah putih (polos),” ungkapnya didampangi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, Dirreskrimum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian, dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, Sabtu (30/9).

Kapoldasu menjelaskan, dalam praktik pembuatan SIM palsu Polda Sumut melalui Ditreskrimum berhasil meringkus tiga orang tersangka berinisial HR PHL di Satlantas Polrestabes Medan,  IR warga sipil dan RF anggota Yanma Polda Sumut. Ketiganya ditangkap saat dilakukan penggerebekan di Jalan Setia Luhur, Gang Arjuna, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia.

“Modus operandi pembuatan SIM palsu dengan cara membeli SIM bekas lalu datanya dihapus. Selanjutnya dengan menggunakan laptop dicetak nama pemesan dan data ditempelkan menggunakan lakban lalu dilaminating,” tuturnya.

Kapolda mengungkapkan, terbongkarnya praktik pembuatan SIM palsu itu atas laporan masyarakat adanya sekelompok orang menawarkan pembuatan SIM tanpa mengikuti tes di Satlantas Polrestabes Medan.

Selain itu dari hasil pemerikssan tersangka HR dan IR berperan sebagai pembuat SIM Palsu dan pembeli SIM bekas. Sedangkan RF berperan sebagai pencari pemesan SIM dan menerima keuntungan Rp50.000 per SIM-nya.

“Untuk harga jualnya SIM A dibandrol senilai Rp500 ribu, SIM B1 Rp600 ribu, SIM B1 Umum Rp650 ribu, SIM B2 Rp750 Ribu dan SIM C Rp450 ribu,” pungkasnya.(wol/lvz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hingga Oktober, 96 Kasus Pembunuhan Terjadi di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Kasus pembunuhan di Sumatera Utara akhir-akhir ini kembali marak terjadi. Mulai dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: