Home / Medan / Ini Tips Jitu Bisnis Online Ala Achmad Zaky
WOL Photo

Ini Tips Jitu Bisnis Online Ala Achmad Zaky

MEDAN, Waspada.co.id – Di tengah kemajuan teknologi saat ini, banyak cara bisa dilakukan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam memasarkan produknya untuk menjangkau lebih luas konsumen. Salah satunya dengan cara online.

Menurut salah satu pengusaha sukses Indonesia, Achmad Zaky, ada tiga hal yang harus dimiliki bagi pelaku UKM agar sukses menjalankan bisnisnya secara online. Pertama adalah soal kejujuran dan pelayanan.

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 2986 ini menegaskan, kejujuran dan pelayanan sangat penting bagi pengusaha level 1 atau pemula. Seorang pengusaha tidak akan bisa naik ke level 2 jika tidak mengutamakan kejujuran dan pelayanan.

“Kejujuran dan pelayanan kepada pelanggan itu penting. Jika buat produk atau jualan harus jujur. Ini sangat dasar sekali. Jika kita jujur, pelayanan bagus, dan di luar ekspektasi pelanggan, maka pelanggan akan senang,” tuturnya.

Seorang pelaku UKM maupun pengusaha harus kreatif. Sebab jika memiliki value lain yang berbeda, unik, dan hanya ada pada kita, maka pelaku UKM yang pengin besar harus kreatif, karena jujur saja tidak cukup.

“Jujur memang baik dan dapat rezeki, tapi terbatas. Jika disokong kreativitas, maka bisnisnya akan bisa lebih besar, juga untungnya,” terang Zaky di Medan, Kamis (16/8).

Untuk yang ketiga, seorang pelaku UKM harus memiliki tujuan mulia, dan tujuan yang tidak hanya sekadar memperoleh uang, tetapi yang lebih besar. Bagi pelaku UKM yang ada di Kota Medan misalnya, harus dapat menyelesaikan masalah atau memberikan lapangan pekerjaan.

“Dengan niat yang baik, insya allah rezeki dikasih lebih besar, karena rata-rata bisnis besar memiliki niat untuk memberikan manfaat kepada orang banyak. Bukalapak sendiri besar karena memiliki misi mulia,” terangnya.

Zaky mengaku, sebelum dirinya sukses di Bukalapak, juga sempat berjualan mie ayam. Bahkan juga pernah menjual Compact Disk (CD) bajakan, jualan software, dan membuat software untuk perusahaan-perusahaan. Hingga saat ini menjadi Founder dan CEO Bukalapak.

“Saya berpikir, teknologi tidak bisa terbendung dan tidak bisa terelakan. Semua orang akan memakai teknologi, di situ kesempatan buat usaha kecil, karena Indonesia usaha kecil termasuk terbesar di dunia,” ungkapnya.

“Di Indonesia yang banyak usaha kecil, tukang bakso, tukang cilok, yang di pinggir-pinggir jalan itu. Nah, itu banyak sekali jumlahnya, jutaan. Itu yang kita pengin upgrade,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapoldasu Minta Maaf Atas Dugaan Pemerasan Terhadap Pelaku UKM

MEDAN, WOL – Kapolda Sumut, Irjen Pol  Paulus Waterpauw, meminta maaf kepada para pelaku UKM ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: