Breaking News
_
Home / Medan / Ini Penjelasan Dekan FISIP USU Soal Dosen Cabul
WOL Photo/Lihavez

Ini Penjelasan Dekan FISIP USU Soal Dosen Cabul

MEDAN, Waspada.co.id – Dekan FISIP USU, Muryanto Amin, mengaku sudah serius menangani kasus tindak pelecehan yang dilakukan HS kepada mahasiswi. Bahkan ia juga mendorong jika ada korban lainnya bisa membuat laporan tertulis tentang kebejatan dosen yang dialaminya.

“Kalau ada lebih dari satu korban, tolong buat laporan tertulis. Saya akan jamin kerahasiaan identitasnya,” ungkap Muryanto, Senin (27/5).

Dikatakan, sanksi bisa diberikan jika ada bukti pendukung untuk membuktikan kasus pelecehan seksual. Sebab sangat sulit untuk mengumpulkan bukti–bukti kasus pelecehan seksual yang dilakukan HS.

“Kasus ini pun juga sudah ditangani sejak 2018 lalu. Bahkan kampus sudah memberikan sanksi tegas kepada dosen agar memperbaiki prilakunya dan tidak mengulangi perbuatan itu. Sejak Mei 2018, kasus itu tidak menemukan bukti baru sebelum akhirnya kembali merebak Mei 2019,” jelasnya.

Muryanto juga menunjukkan peraturan yang bisa menjerat pelaku untuk mendapatkan sanksi. Dalam dua minggu terakhir, kampus kembali memulai mengumpulkan bukti-bukti kasus tersebut.

“Sanksi sudah ada. Karena ini masuk dalam kode etik. Untuk menegakkan kode etik itu, harus ada bukti. Kalau ada bukti baru kita akan proses secara proporsional.

Dalam peraturannya, Muryanto menuturkan sanksi yang diberikan bisa mulai dari teguran tertulis, sanksi skorsing, atau sanksi akademik, lalu pemecatan.

“Harus ada bukti yang kuat proses pemecatan itu. Mengikuti prosedur untuk pemecatan PNS,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

SUARA USU Terus Perjuangkan SK Rektor Dicabut

MEDAN, Waspada.co.id – Sidang perdana atas gugatan Surat Keputusan (SK) Rektor Univesitas Sumatera Utara (USU) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.