_
Home / Medan / Ini Mekanisme Syarat Jadi Satpam Profesional
foto: facebook

Ini Mekanisme Syarat Jadi Satpam Profesional

MEDAN, Waspada.co.id – Menjadi seorang petugas satuan pengamanan (satpam-red) yang profesional memang tidak mudah.

Menurut pemerhati kinerja satuan pengamanan, Ade Sandrawati Purba SH MH, menyebutkan bahwa untuk menjadi satpam harus melalui serangkaian pelatihan sehingga dalam menjalankan tugasnya sesuai SOP.

Ade mengungkapkan adapun syarat menjadi satpam yakni harus mengikuti pendidikan dasar (diksar), pemahaman fungsi satpam, pelatihan kesapmataan, dan penyegaran.

“Pelatihan itu harus diberikan oleh setiap perusahaan jasa pengamanan agar para satpam dapat bekerja secara profesional,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Ade Sandra, setiap satpam yang telah menjalani program pelatihan akan diberikan sertifikasi bahwa telah lulus pendidikan dan dapat bekerja secara baik.

“Tidak dibenarkan setiap satpam melakukan tindak kekerasan terhadap para pelaku atau terduga yang terlibat kasus kejahatan. Sebab, fungsinya hanya melakukan pengamanan,” ujarnya.

Ade juga mengakui dalam profesi satpam memang juga ada yang tidak memiliki sertifikasi. Namun pihak perusahaan atau jasa harus melaporkannya kepada polsek atau polres terdekat.

“Hal itu dilakukan agar pihak polsek dan polres dapat memberikan pelatihan kepada para satpam untuk bekerja secara baik,” ungkapnya.

Di singgung adanya oknum satpam yang melakukan tindak penganiayaan saat mengamankan terduga pelaku pencurian hingga meninggal dunia, Ade sangat menyayangkan kasus tersebut. Sebab, tugas satpam hanya sebatas mengamankan lalu menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

“Satpam itu sipil merupakan perpanjangan tangan pihak kepolisian. Sehingga apabila adanya pelaku tindak kejahatan hanya sebatas mengamankan dan menyerahkannya kepada pihak kepolisian,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua pria terduga maling helm tewas dihakimi satpam dan massa saat beraksi di dalam area Kampus Unimed, Jalan Williem Iskandar, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Diduga Lokasi Judi Digerebek, Afrizon Tewas Loncat ke Sungai

MEDAN, Waspada.co.id – Diduga ketakutan karena lokasi perjudian di kawasan pinggiran sungai, Jalan Seksama Ujung, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.