Home / Medan / Ini Kata PN Medan Soal Penertiban PK5
Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin SH, MH. (WOL Photo)

Ini Kata PN Medan Soal Penertiban PK5

MEDAN, WOL – Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin, menyampaikan bahwa penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PK5) yang menggelar lapak di Jalan Candi Prambanan, untuk keberlangsungan proses renovasi Gedung PN Medan. Demikian disampaikan Jamaluddin saat disambangi di ruang kerjanya, Selasa (13/2).

“Mereka sudah menempel di dinding Gedung Pengadilan, sementara pengadilan ingin melakukan renovasi, mengecat tembok, sehingga akhirnya pelaksanaan itu terhalang oleh mereka,” ungkapnya kepada Waspada Online.

Saat disinggung mengenai penertiban itu adalah permintaan pihak PN Medan sendiri, Jamaluddin mengatakan hal itu mungkin saja. Menurutnya, secara internal mereka sudah melakukan pembicaraan untuk mensterilkan Gedung PN Medan.

“Kalau diusulkan oleh PN Medan bisa jadi. Secara internal kami sudah membicarakan agar kantor ini steril dan bersih serta parit-parit yang dipakai berdagang dapat terairi,” ujarnya.

Dia pun menegaskan pihak PN Medan tidak memiliki wewenang untuk mengeksekusi bangunan semi permanen tersebut.

“Kami tidak punya kewenangan. Jadi inilah yang dikakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, sebab merekalah yang bertugas menata tata kota dan ruang ini. Melalui Satpol PP mereka menegakkan Peraturan Daerah (Perda),” tegasnya.

Selain itu, Jamaluddin juga menyangkal pendapat yang beredar bahwa PN Medan menyediakan lapak berjualan di dalam PN Medan dengan membangun kantin. Ditegaskan, kantin tersebut dikelola oleh koperasi.

“Pengadilan tidak pernah menyediakan itu. Karena yang mengurusi tempat orang berjualan adalah pihak Wali Kota. Kalaupun ada di ranah pengadilan itu bukan untuk umum. Kebetulan dalam hal ini kantin tersebut dikelola oleh koperasi di bawah naungan pengadilan,” pungkasnya.(wol/iam/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Menpar: Lulusan Akpar Harus Andil Dorong Pariwisata Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengajak para lulusan Akademi Pariwisata Medan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: