_
Home / Medan / Ini Identitas 2 Penyebar Hoax Terhadap KPU Sumut
WOL Photo

Ini Identitas 2 Penyebar Hoax Terhadap KPU Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Dit Rekrimsus Polda Sumut tangkap dua pelaku penyebar video hoax surat suara 01 tercoblos di Sumatera Utara. Keduanya merupakan warga Provinsi Jawa Barat.

Kedua tersangka yakni Usep Riyana (27) warga Kampung Citapen, Desa Suka Jata, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Dia merupakan pelaku penyebar video hoax yang memuat kata-kata “Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara Surat Suara Tercoblos 01 semuah.? dalam akun facebook miliknya yang bernama Muhamad Adrian. Postingan ini dilaporkan oleh KPU Sumatera Utara pada Minggu 3 Maret 2019.

Sedangkan tersangka kedua yakni Andi Kusmana (25) warga Desa Situmandala Kecamatan Rancah, Ciamis, Jawa Barat. Dia merupakan pemilik akun facebook Kusmana yang menyebarkan video hoax yang memuat kata-kata “KPU Medan di Grebek Warga Sedang mencoblos Surat suara 01 kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata…keburukan petahana kebusukan rezim jokowi dan kualisinya mulai terbongkar. Penguasa Bangsat”. Postingan ini dilaporkan oleh KPU Medan pada Minggu 3 Maret 2019.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan, menjelaskan keduanya ditangkap dalam waktu yang berbeda. Motif kedua pelaku juga sama yaitu menyebarkan video kerusuhan waktu Pilkada di Tapanuli Utara. Kemudian mengeditnya dengan menambahkan kata-kata dan menyebarkanya ke dunia maya.

“Pelaku merupakan simpatisan atau relawan dari salah satu capres dimana pelaku pada saat itu melihat video tersebut, pelaku merasa calon Presiden mereka telah dicurangi oleh KPU Sumatera Utara. Padahal itu merupakan video lama yang mereka dapat di dunia maya,” pungkas Kabid Humas.

Saat ini, kedua pelaku sudah berada di dalam tahanan sementara Mapolda Sumatera Utara. Keduanya dijerat dengan 28 (2) jo Pasal 45a (2) UU RI No 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE Subsider Pasal 14 (1) UU RI No 1 Tahun 1946. (wol/lvz/data2)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Safari Politik Surya Paloh: Segera Temui Ketum PAN, Kalau ke Demokrat Masih Tentatif

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya mengatakan, Surya Paloh akan kembali menggelar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.