Home / Medan / Ini Catatan Pansus R-APBD Medan 2019
WOL Photo

Ini Catatan Pansus R-APBD Medan 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua panitia khusus R-APBD Medan Tahun Anggaran 2019, Ilhamsyah SH, menyebutkan bahwa APBD 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp200 miliar lebih dari R-APBD yang diajukan sebelumnya dari Pemko Medan sebesar Rp5,9 triliun lebih.

Hal itu, kata politisi Golkar ini didasarkan pada hasil pembahasan oleh Pansus R-APBD 2019 melihat masih banyak sekali sumber-sumber potensial Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus didongkrak oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di antaranya retribusi parkir, pajak reklame, pajak hotel dan restoran.

Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung didampingi Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Ramli, Ihwan Ritonga, dan Burhanuddin Sitepu. Tampak hadir, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Medan, Wiriya Alrahman serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Medan.

Masih dalam kesempatan itu, Ilhamsyah juga menyampaikan sederetan catatan-catatan dari Pansus R-APBD 2019 terhadap sejumlah OPD yang ada di Pemko Medan. Sementara, 9 Fraksi yang ada di DPRD Medan menerima dan menyetujui disahkannya Ranperda APBD 2019.

Dalam pandangan akhir Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh juru bicaranya Proklamasi Naibaho, meminta kepada Wali Kota Medan memperhatikan secara serius sumber-sumber PAD karena melihat perkembangan beberapa tahun belakangan ini masih belum maksimal dan efektif dalam mengelola sumber-sumber PAD termasuk dari sektor pajak reklame.

“Bahwa alokasi anggaran Rp1,7 Triliun lebih untuk pembangunan infrastruktur yang diajukan Pemko Medan dalam formulasi R-APBD 2019, Fraksi Gerindra akan memantau dan berharap agar anggaran tersebut benar-benar dapat mengatasi permasalahn infrastruktur di Medan,” tandasnya.

Masih dalam kesempatan itu, Fraksi Gerindra meminta agar ke depan Pemko Medan harus memiliki target 7-8 persen dalam capaian kenaikan APBD.

“Untuk itu agar seluruh SKPD harus bekerja maksimal dan serius dalam menggali potensi PAD. Fraksi Gerindra juga meminta Wali Kota Medan agar segera mengganti SKPD yang tidak serius dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Latih KPPS, KPU Medan Minta Dukungan Wali Kota

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mendukung penuh kegiatan Pelatihan Kelompok Penyelenggara Pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: