_
Home / Medan / Ijazah Ilegal Beredar, Berkas Anggota Dewan Harus Diaudit
WOL Photo/Ega Ibra

Ijazah Ilegal Beredar, Berkas Anggota Dewan Harus Diaudit

MEDAN, WOL – Merebaknya kasus ijazah ilegal di tingkat DPR RI menjadi peringatan bagi pejabat pemerintahan. Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ruben Tarigan mengatakan, apabila banyak ijazah palsu beredar maka berkas-berkas anggota dewan akan diaudit kembali.

“Kemungkinan besar akan diaudit kembali (berkas anggota dewan, red). Ini sebagai bentuk upaya mengantisipasi gelar-gelar palsu di dewan tingkat provinsi,” katanya, Jumat (29/5).

Secara politik, lanjutnya, pihaknya akan menyerahkan anggota dewan yang tersangkut masalah ijazal palsu kepada partai politik yang mengusung.

“Apakah ditarik atau di-PAW, itu tergantung parpolnya. Kalau secara hukum, kita serahkan ke pihak kepolisian,” imbuhnya.

Menurutnya, apabila ada penemuan ijazah palsu, Badan Kehormatan Dewan akan merekomendasikan penggantian anggota dewan kepada parpol yang bersangkutan.

Koordinator Kopertis Wilayah I Dian Armanto saat dihubungi Waspada Online mengaku saat ini pihaknya belum mendapatkan data mengenai nama-nama pejabat publik yang menggunakan ijazah palsu. Namun ia memperkirakan hal ini banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang berada di luar daerah.

“Kalau terbukti menggunakan ijazah palsu, ya harus diberhentikan. Apalagi pejabat publik, semua fasilitas yang diberikan harus ditarik kembali,” tegasnya.

Dengan merebaknya kasus ijazah ilegal ini, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi perguruan tinggi di lingkungan masyarakat. Ia berharap masyarakat dapat lebih detail melihat akreditasi dan izin pendirian perguruan tinggi tersebut.

“Ini dilakukan supaya masyarakat tidak terkecoh lagi,” katanya.

Menurur informasi yang diterima, selain Universitas Sumatera yang terbukti mengeluarkan ijazah ilegal, Universitas Generasi Muda Medan dan Lembaga Manajemen Internasional Indonesia juga diduga tidak memiliki izin dan mengeluarkan ijazah ilegal.(wol/data1)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Daniel Pinem Berpeluang Jabat Ketua DPRD Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan mengaku telah menetapkan 3 nama calon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.