Home / Fokus Redaksi / Hingga Oktober, 96 Kasus Pembunuhan Terjadi di Sumut
WOL Ilustrasi

Hingga Oktober, 96 Kasus Pembunuhan Terjadi di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Kasus pembunuhan di Sumatera Utara akhir-akhir ini kembali marak terjadi. Mulai dari kasus pembunuhan sekeluarga di Tanjungmorawa, sampai kasus pembunuhan yang terjadi di lahan garapan Percut Seituan.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda) Sumut mencatat, hingga bulan Oktober 2018, terdapat sebanyak 96 kasus pembunuhan yang sudah terjadi di Provinsi ini. Angka ini malah lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017 yang hanya terdapat 78 kasus.

“Sampai Oktober 2018, sudah ada 96 kasus pembunuhan yang terjadi,” ungkap Kasubdit III/Umum Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut AKBP Maringan Simanjuntak, Rabu (7/11).

Namun, sambung Maringan, dari 96 kasus pembunuhan yang sudah terjadi tersebut, 95 atau 98,5% kasusnya sudah berhasil diungkap oleh pihak kepolisian. Begitu pula dengan periode yang sama di tahun 2017, dimana dari 78 kasus pembunuhan yang terjadi, 82 kasusnya (ditambah kasus sebelumnya) dapat berhasil diungkap.

Menurut Maringan, berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian, ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa kasus pembunuhan bisa sampai terjadi. Meski terkadang, kasus pembunuhan justru dilakukan karena alasan yang sepele.

“Ada banyak faktor memang yang melatarbelakangi. Mulai dari tingkat pendidikan, emosional sampai masalah ekonomi bisa menyebabkan pelaku sampai nekat menghabisi nyawa korbannya,” jelas Maringan.

Seperti halnya dengan pendidikan, sebut Maringan. Akibat kurang terdidiknya pelaku, maka ia menjadi mudah gelap mata, ketika dihimpit oleh masalah yang tidak bisa diselesaikannya.

“Kebanyakan mereka yang kurang terdidik langsung memilih cara singkat untuk menyelesaikan masalahnya. Seperti dengan membunuh orang yang tidak sesuai dengan mereka,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, disinggung mengenai banyaknya peristiwa pembunuhan yang terjadi belakangan ini, pihaknya meminta masyarakat untuk dapat menyikapi hidup dengan lebih bijak.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Polisi Lidik Kasus Pembunuhan Keluarga Manajer Pabrik Kacamata

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian kembali menemukan sesosok mayat lelaki berusia 12 tahun dari Sungai Belumai, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: