Newsticker
WOL / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Hingga Mei 2017, BI Temukan Upal 1.936 Lembar
Ilustrasi
Ilustrasi

Hingga Mei 2017, BI Temukan Upal 1.936 Lembar

MEDAN, WOL – Hingga Mei 2017, Bank Indonesia menemukan 1.936 lembar uang palsu di Sumatera Utara. Jumlahnya mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Arief Budi Santoso, mengatakan bahwa tercatat pada tahun 2015 ditemukan sebanyak 3.737 lembar uang palsu. Tahun 2016 sebanyak 3.902 lembar dan tahun 2017 ada 1.936 lembar uang palsu yang ditemukan.

“Dimana uang palsu yang paling dominan banyak ditemukan adalah pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Untuk uang palsu emisi 2016 terbaru belum ada kita temukan. Uang ini memang cukup banyak pengamannya, sehingga sangat sulit dipalsukan, tapi kira terus mengupayakan pengamanan,” tuturnya.

Di sini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara mengidentifikasi uang asli, sehingga tindak kejahatan pemalsuan ini masih banyak terjadi.

“Namun, kita terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat. Salah satunya melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi peredaran uang palsu,” terang Arief.

Ditambahkan Arief bahwa masyarakat harus tetap waspada setiap kali menerima uang. Masyarakat juga harus memahami tanda-tanda pengaman yang terdapat dalam uang asli, agar tidak menjadi korban peredaran uang palsu.

“Ini dilakukan untuk semakin menekan peredaran uang palsu, kita juga mengimbau masyarakat untuk mulai menggunakan uang elektronik (e-money) dalam bertransaksi,” tutupnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

WOL Photo/Ega Ibra

Poldasu Siagakan 7724 Personel Amankan Idul Fitri 1438 H

MEDAN, WOL – Dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2017, Kepolisian Daerah Sumatera ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.