_
Home / Medan / HIMMAH Medan Desak PAW Parlaungan Simangunsong Dijalankan
WOL Photo/M. Rizki

HIMMAH Medan Desak PAW Parlaungan Simangunsong Dijalankan

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan massa yang tergabung di dalam Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Kota Medan menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana, Senin (9/7).

Kedatangan mereka didasari tidak sigap dan tidak tanggapnya Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, terhadap proses Pergantian Antar Waktu (PAW) fraksi Demokrat atas nama Amiruddin yang menggantikan Parlaungan Simangunsong.

Mereka menilai, Henry Jhon seolah menutup mata dan terkesan mengabaikan yang ditujukan kepadanya tertanggal 14 Maret 2018 lalu. Menurut mereka, sesuai dengan surat keputusan dari DPP Partai Demokrat dengan nomor 78/SK/DPP.PD/II/2018 dan surat dari DPC Partai Demokrat Medan bernomor (008//DPC.PD/MDN/III/2018 sudah jelas tentang PAW tersebut.

Menurut mereka, Henry Jhon tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan undang-undang maupun administrasi dengan sengaja mengulur waktu dan tidak bersedia melakukan PAW yang dimaksud dan dinilai sengaja mendzalimi Amiruddin.

Massa aksi juga menuding Parlaungan Simangunsong berusaha hendak menggagalkan proses PAW tersebut dengan berkolaborasi dengan oknum pimpinan dewan.

“Bentuk perlawanan yang dilakukan Parlaungan dengan melayangkan surat gugatan ke pengadilan negeri Medan sesuai surat perdata nomor 135/ Pdt.G/2018/PN Medan tanggal 8 Maret 2018. Dari itu, Henry Jhon selalu beralasan sedang adanya gugatan perlawanan hukum yang dilakukan Parlaungan. Sementara putusan MA nomor 442K tangal 25 Juli 2016 Jo Putusan PN Jakarta Pusat Nomor 663 tanggal 1 Februari 2016 telah berkekuatan hukum dan sah,” teriak Koordinator aksi Asril Hasibuan melalui pengeras suara.

Untuk itu, mereka menuntut kepada Henry Jhon agar segera menindaklanjuti surat dari DPP dan DPC Partai Demokrat dan meminta jangan ada ‘main mata’ dengan Parlaungan. Karena menurut mereka, dengan melakukan hal tersebut Henry Jhon sama dengan mencederai institusi DPRD.

Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Burhanudin Sitepu, menerima beberapa perwakilan demonstran. Di hadapan mahasiswa, Burhanuddin menyebut ketika perintah DPP Partai Demokrat tidak dijalankan maka akan berdampak kepada posisinya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Medan.

Kata Burhanuddin, proses paw tetap dikawal karena dalam proses ada mekanisme dan sistem yang harus dilalui.

“Saat ini proses paw sudah sampai pada tahap penjadwalan rapat badan musyawarah (Banmus) akhir Juli. Hasilnya akan disampaikan kepada Gubernur sebagai otoritas. Jika Gubernur menyetujui laporan banmus maka segera digelar rapat paripurna paw Parlaungan ke Amiruddin,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Mari Curahkan Tenaga dan Pemikiran Untuk Kepentingan Masyarakat”

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berharap Pemko Medan dan DPRD Kota ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.