_
Home / Medan / ‘HGB PIK Berakhir September Tahun Ini’
WOL Photo/Muhammad Rizki

‘HGB PIK Berakhir September Tahun Ini’

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan, Zulkifli Sitepu, mengaku kalau Hak Guna Bangunan (HGB) rumah toko (ruko) di Pusat Industri Kecil (PIK) Kota Medan, Jalan Menteng VII atau Jalan Rahmat Kecamatan Medan Denai, berakhir September 2017 mendatang. Untuk itu pemegang HGB diminta ikut program penataan ulang, menjadikan PIK sebagai ikon industri di Kota Medan.

“Kita sudah data dan himbau agar penghuni siap mengikuti program kita. Kalau tak mau ikut, Pemko Medan berhak tidak memperpanjang HGU yang berakhir bulan sembilan nanti,” katanya dalam rapat evaluasi kinerja Dinas Perindustrian Kota Medan di ruang Komisi C DPRD Medan, Selasa (1/8).

Dijelaskan, Pemko Medan sebagai pemegang Hak Pengelolaan Lahan (HPL) memberikan HGB selama 20 tahun. Ada 97 unit ruko, sebagian HGB sudah pindah tangan dari pihak pertama ke pihak lain dan berubah fungsi.

Dinas Perindustrian Kota Medan berencana akan memfungsikan kembali PIK Medan seperti semula dibangun. Yakni mengaktifkan unit pelaksana teknis (UPT) kerajinan kulit dan UPT kerajinan batik.

“Kita ingin PIK ini menjadi ikon insudtri di Medan,” sambungnya.

Menurutnya, timnya akan berkoordinasi dengan bagian aset, bagian hukum Pemko Medan, mengenai status pengelolaan PIK oleh pelaku industri. Koordinasi agar prosesnya tidak bertentangan dengan hukum.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Medan, Andi Lumbangaol, mengingatkan agar proses izin HGB ini dipersiapkan secara matang. “Soal perpanjangan atau pencabutan HGB ini potensi gejolak. Ini harus bapak pertimbangkan,” sarannya mengingatkan.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Kapolrestabes: Bangunan Kafe Big White Coffee Ambruk Nihil Korban Jiwa

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, memastikan tidak ada korban jiwa dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.