Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Hasyim: Penggunaan Anggaran Pemko Medan Belum Maksimal
WOL Photo
WOL Photo

Hasyim: Penggunaan Anggaran Pemko Medan Belum Maksimal

MEDAN, WOL – Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan, Hasyim SE, mengingatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Medan untuk berupaya memaksimalkan penggunaan anggaran serta tuntas menjalankan setiap program kerja. Hal itu guna menghindari dan menekan seminal mungkin terjadinya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA).

Kepada wartawan, Sabtu (21/10), Hasyim menyampaikan bahwa fraksinya tetap mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Medan berbuat maksimal menjalankan program.

“Jangan takut menggunakan anggaran yang tersedia di APBD sesuai program. Karena itu untuk kepentingan rakyat,” ujarnya.

Untuk itu, Hasyim menyebutkan tidak akan bosan-bosannya mengingatkan Wali Kota Medan supaya dapat memberikan perhatian serius terhadap pengelolaan keuangan Pemko Medan. Sebab, harapan semua pihak untuk sistem pengelolaan keuangan dapat terlaksana dengan baik tepat sasaran, tepat waktu serta efektif dan transparan.

Hasyim menilai, terjadinya Silpa karena minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) ASN selaku pengguna anggaran. Ditambah lagi karena perencanaan anggaran dan kegiatan kerja yang akan dilaksanakan tidak melalui kajian dan analisis yang matang.

“Selama ini, Silpa itu seolah-olah hal yang lumrah dan wajar dalam laporan keuangan di akhir tahun. Padahal, dampaknya sangat buruk karena tidak berjalannya pembangunan,” bebernya.

Ketua DPC PDIP Kota Medan ini menganjurkan harus ada kerja sama yang baik dan intens antara Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan dengan badan pengelola keuangan daerah dan pimpinan SKPD serta seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan.

“Semua itu harus sama-sama memiliki komitmen yang kuat dan berjalan pada norma dan aturan yang berlaku. Sehingga tuntutan reformasi birokrasi yang berpihak kepada masyarakat dapat terlaksana. Jika hal tersebut berjalan dengan baik, maka target mendapatkan kembali predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan pertanggungjawaban APBD Kota Medan tetap tercapai setiap tahunnya,” tuturnya.

Selain itu, Hasyim mengaku tetap mendukung upaya Pemko Medan untuk lebih memaksimalkan kinerja dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di luar retribusi daerah dan pajak daerah. Hasyim menilai masih banyak potensi PAD yang belum terjamah. (wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ketua Umum DPP Perpebsi Torang Simanjuntak.

Pemerintah Resmi Akui Wadah Penyalur Buku Sekolah Perpebsi

MEDAN, WOL – Untuk memajukan dunia pendidikan, Perkumpulan Penyalur Buku Sekolah Indonesia (Perpebsi) akan mensinerjikan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.