_
Home / Medan / Hari Ini, Yayasan Jantung Indonesia Gelar Rakorwil II di Medan
Istimewa

Hari Ini, Yayasan Jantung Indonesia Gelar Rakorwil II di Medan

MEDAN, WOL – Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Provinsi Sumatera Utara Erwin Nasution,  mengatakan bahwa YJI periode 2013 – 2018 tidak menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), tetapi diganti dengan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dengan tema “Revitalisasi Organisasi YJI dalam Menurunkan Kasus Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Indonesia.”

Rakorwil ini mengagendakan revitalisasi dan reposisi YJI dari aspek hukum dan kelembagaan, pengelolaan sistem keuangan YJI dari pusat ke daerah dan peran YJI ke depan dalam perspektif peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan khususnya penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Mulai hari ini Kamis hingga Sabtu (4 – 6 Agustus 2016), YJI gelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil II) di hotel Grand Serela Medan, yang diikuti dari Cabang Utama (Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Lampung),” ujar Erwin Kamis (4/8).

Sebelumnya, kata Erwin, Rakorwil I telah dilaksanakan tanggal 28 – 30 April 2016 di Semarang yang diikuti dari Cabang Utama (Jateng, Jatim, Jabar, DKI Jakarta, Banten, DIY, Kalsel, Kalteng, Kalbar dan Kaltim).

Kemudian Rakorwil III akan dilaksanakan mulai tanggal 29 – 30 September dan 1 Oktober 2016 di Makasar yang diikuti dari Cabang Utama (Sulsel, Sulteng, Sulteng, NTB, NTT, Maluku, Papua Jayapura dan Papua Barat).

“Penurunan dan pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD) merupakan prioritas utama dari visi dan misi Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dengan memberikan kesadaran kepada masyarakat melalui perubahan perilaku hidup sehat. Salah satu program YJI adalah panca usaha jantung SEHAT yaitu seimbang gizi, enyahkan rokok, hadapi stress, awasi tekanan darah dan teratur berolahraga,” sebutnya.

Menurut Erwin, dalam melaksanakan kegiatannya YJI mengacu pada ketentuan WHF (World Heart Federation) untuk bersama-sama melawan PJPD dengan target 25 by 25 yang artinya mengurangi tingkat kematian dini yang disebabkan oleh PJPD sebesar 25% sebelum tahun 2025.

“Dengan adanya Rakorwil ini, diharapkan Cabang Utama dan Cabang YJI di daerah memahami dan dapat menerapkan program-program Yayasan Jantung Indonesia dengan melibatkan acara-acara daerah atau kearifan lokal lainnya,” sebut Erwin Nasution. (wol/rdn/data1)

Check Also

Keluarga Waspada Group Ziarah Makam Pendiri

MEDAN, Waspada.co.id – Sebelum menggelar resespi HUT ke-72 Harian Waspada, keluarga besar Waspada Group ziarah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.