Home / Medan / Gunakan Google Bisnisku, Omzet WAZ8 Laundry Naik 40 %
WOL Photo/Ega Ibra

Gunakan Google Bisnisku, Omzet WAZ8 Laundry Naik 40 %

MEDAN, WOL – Saat ini, bisnis online sudah mulai merambah ke kalangan masyarakat. Meningkatnya angka pengguna smartphone dan layanan digital menjadi satu bukti bahwa perkembangan teknologi menuntut masyarakat menuju ke arah yang lebih maju.

Melalui akses basic online, para pelaku usaha bisa memudahkan bisnisnya untuk dipromosikan ke kalangan masyarakat. Mendukung perkembangan digital yang semakin maju, Google Indonesia melakukan satu program mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Medan bisa menggunakan akses online untuk mempermudah bisnis.

Setelah mengunjungi Ucok Durian Singlet dan mendengarkan langsung dari pemiliknya yang menggunakan aplikasi Google Bisnisku hingga penjualan duriannya meningkat, Google Indonesia kembali mengunjungi salah satu pelaku UKM di Jalan Karya Jaya, Medan Johor, yakni WAZ8 Laundry.

Zaki Nasution, CEO WAZ8 Laundry, mengatakan omzet dan pelanggan yang menggunakan jasa cuci pakaian di laundrynya meningkat hingga 40 persen selama menggunakan aplikasi Google Bisnisku.

“Baru tiga bulan saya menggunakan aplikasi Google Bisnisku dan basic online ini, alhamdulillah omzet dan pelanggan meningkat hingga 40 persen, makanya saya langsung terus kembangkan proses ini,” tutur Zaki kepada Waspada Online, Kamis (15/9).

Zaki menambahkan ini adalah bisnis online laundry pertama yang ada di Indonesia dan awalnya sempat ragu karena mempersulit pelanggan. Akan tetapi, data Google Analytic menunjukkan grafik meningkat setelah dicoba sebulan.

“Maka saya sama istri terus mengembangkan basic online ini dengan membuat web, memasang App Store serta menyediakan call center,” terang Zaki.

“Proses di laundry kita menggunakan basic online ini cukup mudah, karena survei menyatakan banyak masyarakat yang sudah mengemas pakaian kotornya tetapi baru datang ke laundry di malam hari. Di sini, pelanggan registrasi melalui online atau call center, baru kita langsung jemput pakaian,” ungkapnya.

Dengan usahanya yang kian maju, Zaki menyebutkan bahwa aplikasi Google membantu para pelaku usaha seperti dirinya. Karena itu pula, Zaki yang sudah memiliki tiga toko di Medan berencana memperluas usahanya di Kota Binjai dan Siantar. (wol/eko/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bukalapak Gandeng APPSI Bangun UKM di 34 Provinsi Indonesia

Waspada.co.id – Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia terus berupaya mewujudkan komitmen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: