Home / Medan / “Gubernur Terpilih Harus Optimalkan Anggaran”
WOL Photo

“Gubernur Terpilih Harus Optimalkan Anggaran”

MEDAN, Waspada.co.id – Pilkada sudah berakhir, dan berdasarkan hasil perhitungan suara sementara dinyatakan nomor urut 1 lebih unggul dari nomor urut 2.

Tentunya dengan terpilihnya nanti Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, kedepan yang diharapkan masyarakat adalah adanya upaya bagi gubernur terpilih dalam mengoptimalkan anggaran.

Dan bukan hanya terfokus pada pemanfaatan anggaran saja, lebih dari itu ada pengalokasian anggaran yang produktif untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumut.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan walaupun pada dasarnya tidak begitu meyakini kalau dari sisi fiskal anggaran Pemerintah Provinsi Sumut, mampu memenuhi semua kebutuhan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan di wilayah ini.

“Hal ini menjadi krusial untuk disiasati, meskipun memang ada sejumlah program pembangunan yang terhubung langsung dengan program pembangunan dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Jadi sinergi dibutuhkan antara pemerintah daerah dan pusat di sini. Program pembangunan yang seharusnya menjadi skala prioritas pembenahan kebutuhan infrastruktur dasar bisa digarap dengan maksimal.

“Karena Sumut masih tertinggal dalam hal perbaikan iklim investasi dibandingkan dengan wilayah lain khususnya pulau Jawa. Dimana kebutuhan akan perbaikan infrastruktur di sini menjadi sangat fundamental,” katanya.

Selanjutnya, birokrasi juga masih membutuhkan perbaikan agar pelayanan masyarakat bisa dioptimalkan. Seperti memperbaiki kinerja aparat pemerintahan dengan memperbaiki kualitas sumber daya manusianya.

Ia menambahkan, kualitas pelayanan prima dibutuhkan agar mampu untuk merubah iklim investasi menjadi lebih baik berbasiskan kualitas pelayanan aparatur negara yang prima.

“Masalah ASN yang tidak professional, kerjanya lambat, kerap ada pungli, kurang produktif sebaiknya terus diupayakan untuk dibenahi. Yang nantinya akan menciptakan sebuah layanan aparatur pemerintahan yang profesional yang berdaya saing serta mampu mendorong terciptanya iklim investasi yang baik,” tambahnya.

Selanjutnya, merivitalisasi sejumlah BUMD juga bisa dilakukan oleh pemprov ke depan. Jadikan BUMD sebagi salah satu lumbung sumber pendapatan daerah, dan yang tak kalah penting adalah membangun sinergi dengan sejumlah wilayah di tingkat II untuk akselerasi pembangunan ekonomi di wilayah Sumatera Utara.

“Karena pada dasarnya pemerintah tingkat II itukan yang memiliki wilayah. Jadi pemerintah tingkat II ini yang sebenarnya memiliki kekuasaan. Namun kita harapkan gubernur dapat membangun sinergi dengan pemerintah di tingkat II agar arah pembangunan bisa lebih terarah dan mewakili kepentingan rakyat Sumatera Utara,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi Sumut Meningkat 5,43 persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah I Sumatera Utara mencatat pertumbuhan ekonomi berdasarkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: