Home / Fokus Redaksi / Gempa Susulan, Warga Medan Diminta Waspada
WOL Photo/Lihavez

Gempa Susulan, Warga Medan Diminta Waspada

MEDAN, WOL – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat gempa yang terjadi pada 16 Januari 2017 pukul 19.13.30 berlokasi 3.24 LU,  98.59 BT 23 km Barat Daya di Deliserdang hingga sore ini, pukul 14.42 WIB telah terjadi 33 gempa susulan.

Namun skala getaran gempa kecil dan hanya sebagian masyarakat yang merasa, namun masyarakat diimbau waspada dan tetap tenang saat gempa terjadi.

Hingga sore tadi terjadi 33 kali gempa susulan dan gempa susulan yang terbesar berkekuatan 4,3 SR. Meskipun tidak dirasakan masyarakat, namun hal itu tercatat di mesin pendeteksi gempa dan BMKG tidak bisa memperkirakan sampai kapan gempa susulan akan terjadi. Demikian hal ini disampaikan Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Wilayah I Medan, Syahnan, saat dihubungin Waspada Online, Selasa (17/1).

“Gempa susulan tersebut, dikarenakan energi yang belum abis pada gempa utama, sehingga mengakibatkan gempa-gempa susulan, dan gempa ini tidak ada hubungannya dengan aktivitas Gunung Sinabung. Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, dan menjaga keselamatan diri,” tutur Syahnan.

Senada dengan petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Deri, mengatakan bahwa gempa yang mengguncang Deliserdang dan sekitarnya tidak berpengaruh kepada aktivitas Gunung Sinabung.

“Namun mulai malam tadi hingga siang ini, tercatat telah terjadi 1500 kali gempa tektonik Gunung Sinabung dan 23 gempa tektonik yang terjadi dirasakan oleh sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar Sinabung,” pungkas Deri.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Fundraising Diel Piero Goes To Medan Donasikan Bantuan ke Sinabung

KARO, Waspada.co.id – Peduli Sinabung, Fundraising Diel Piero Goes To Medan donasikan bantuan ke empat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: