Home / Medan / Gemira Siap Bantu Pemko Medan Atasi Banjir
WOL Photo

Gemira Siap Bantu Pemko Medan Atasi Banjir

MEDAN, WOL – Ketua Gerakan Muslim Indonesia Raya (Gemira) Kota Medan, Irpansyah Siregar ST MT MM, menyampaikan siap membantu Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengatasi banjir yang melanda beberapa hari belakangan ini di berbagai kecamatan.

Demikian hal itu dikatakannya, mengingat banjir yang terjadi di Kecamatan Medan Maimun dan telah memakan dua orang korban jiwa akibat tenggelam.

“Saya dan para kader Gemira Kota Medan siap membantu pemerintah apabila dibutuhkan dalam mengatasi banjir dan membangun Kota Medan,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (6/12).

Lebih lanjut, akedemisi bidang teknik ini juga memaparkan adapun empat hal yang harus diperhatikan Pemko Medan dalam mengatasi banjir untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa yakni sistem drainase terpadu meliputi minor dan major urban drainase, serta penyediaan sarana tanggap darurat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Penyedian sarana yang mumpuni seperti perahu karet, helikopter, ambulance, mobil evakuasi, paramedis dengan tenaga reaksi cepat-tanggap dan sudah seharusnya Kota Medan yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia memiliki sistem drainase perkotaan yang baik,” ucapnya sembari mengimbau kepada Pemko Medan tidak hanya memikirkan pembangunan yang bersifat komersil tetapi juga harus mempertimbangkan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, di akhir wawancara, Irpan juga mengaku turut perihatin yang saat ini terjadi terhadap warisan leluhur sekaligus aset daerah seperti Sungai Deli dan Sungai Ular hingga kini belum adanya inisiatif Pemko Medan untuk menjadikannya sebagai objek wisata air.

“Terlalu jauh untuk mengejar Kota Air di Venesia, Italia cukup bercermin saja dari Kota Banda Aceh yang sungainya terlihat bersih dan indah sehingga menarik perhatian wisatawan,” tukasnya mengakhiri.

Sekedar mengetahui, Gemira adalah Organisasi Masyarakat (Ormas) yang dipimpin Ketua Umum Habib Mahdy Alatas yang terafiliasi oleh Partai Gerindra binaan langsung Prabowo Subianto.(wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Inilah Fakta Bencana Banjir di Aceh

JAKARTA, Waspada.co.id – Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Aceh Singkil dan sekitarnya membuat sejumlah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: