Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Gatot Dituntut 3 Tahun Penjara Suap Anggota DPRD Sumut
WOL Photo/lihavez
WOL Photo/lihavez

Gatot Dituntut 3 Tahun Penjara Suap Anggota DPRD Sumut

MEDAN, WOL – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wawan Yunarwanto, menuntut tiga tahun penjara terhadap mantan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Hal itu disampaikan saat sidang lanjutan kasus suap anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019 sebesar Rp61,8 milliar, dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor Negeri Medan, Senin (13/2).

“Meminta majelis hakim yang menangani perkara ini agar menghukum terdakwa Gatot Pujo Nugroho pidana tiga tahun penjara, denda Rp250 Juta, subsider delapan bulan kurungan,” ujar Wawan di ruang utama.

Dalam sidang yang diketuai majelis hakim, Didik Setyo Handono, sepanjang sidang tuntutan, Gatot fokus memandang ke arah lima majelis hakim. Bahkan sesekali ia juga menulis di buku catatan sembari menyimak pertimbangan-pertimbangan yang dibacakan jaksa.

Adapun salah satu pertimbangan jaksa yakni, Gatot tidak menjalankan jabatannya sebagai Gubernur yang baik. Uang yang harusnya diberikan kepada masyarakat, pada kenyataannya “uang ketok” tersebut dibagi-bagi untuk pimpinan dan anggota DPRD Sumut.

Usai membacakan tuntutan, majelis hakim menunda persidangan dan kembali dilanjutkan pada, Kamis (23/2) mendatang dengan agenda pledoi. Rencananya, selain pembacaan pledoi dari penasihat hukumnya, Gatot juga akan menyampaikan secara pribadi.

“Setelah berdiskusi dengan penasihat hukum, saya rencananya akan membacakan pledoi pribadi saya, yang mulia,” ujar Gatot.

Diketahui, Gatot dianggap melanggar Pasal  5 ayat (1) huruf a UU No.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 tahun 1999 jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Personel Polsek Medan Barat Ikuti Lomba HUT RI

MEDAN, WOL – Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, puluhan personel Medan Barat menggelar sejumlah ...

  • Marimain Fbqq

    Hai! Kami DewaDominoQQ, Dengan deposit minimal hanya Rp 15.000 Anda sudah dapat bermain 7 game 1 user ID tersebut yang tentunya seru dan asik bisa anda para pemain judi poker online nikmati : POKER, ADUQ, DOMINO99, CAPSA SUSUN, BANDAR Q, BANDAR POKER, BANDAR SAKONG

    * Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )
    * Bonus Turnover Up to 0,5%
    * NO ROBOT & ADMIN

    PENDAFTARAN DI DEWADOMINOQQ

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.