Home / Medan / Fraksi Gerindra Soroti Capain PAD Pemko Medan Rendah
WOL Photo

Fraksi Gerindra Soroti Capain PAD Pemko Medan Rendah

MEDAN, Waspada.co.id – Rendahnya capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017 mendapat sorotan dari DPRD Medan. Dalam Pemandangan Umum Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Surianto SH, Fraksi Gerindra memandang sangat disayangkan masih banyak capaian hasil kinerja yang belum dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan, karena capaian target hanya 79,82 persen.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap nota Pengantar oleh Kepala Daerah atas Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) pelaksaan APBD tahun 2017, Rabu (15/8).

Berkaitan dengan LPj tahun 2017, Gerindra juga mempertanyakan selisih antara proyeksi dan realisasi yang sangat besar. Di mana dalam laporan realisasi APBD tahun 2017 terkait pendapatan secara akumulatif yakni realisasi pendapatan mencapai Rp4,40 triliun lebih yang terdiri dari PAD sebesar Rp1,73 triliun lebih, Pendapatan Transfer sebesar Rp2,26 triliun lebih.

Sementara, untuk belanja secara akumulatif mencapai Rp4,39 triliun lebih yang terdiri dari Belanja Operasional Rp3,39 triliun lebih dan Belanja Modal sebesar Rp997,47 miliar lebih.

“Antara proyeksi dengan realisasi sangatlah besar sementara daya serap terlalu kecil dari target. Kalau alasan Pemko Medan adalah efisiensi, tentu sangat besar selisih yang tidak terealisasi, ini mohon penjelasan,” ucapnya mempertanyakan.

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung serta wakil pimpinan lainnya yakni Iswanda Nanda Ramli dan Ihwan Ritonga, Gerindra juga mengkhawatirkan minimnya realisasi capaian anggaran pada tahun 2017 berimbas pada realisasi P-APBD 2018.

Alasannya, hingga Juli 2018 realisasi pendapatan dari reklame hanya sekitar Rp6 – 8 miliar dari proyeksi Rp106 miliar. “Sedangkan realisasi pendapatan dari IMB hanya Rp9 miliar dari target Rp130 miliar,” tandasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wakil Wali Kota Ajak IPHI Dukung Program Jangan Buang Sampah Sembarangan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berharap keberadaan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: