Home / Medan / Fraksi Gerindra Dorong Pemko Terbitkan Perwal Mengenai RPH
Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga (WOL Photo/M Rizki)

Fraksi Gerindra Dorong Pemko Terbitkan Perwal Mengenai RPH

MEDAN, WOL – Wakil Ketua DPRD Medan yang juga penasehat Fraksi Gerindra DPRD Medan, Ihwan Ritonga, mendesak Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerbitkan Perwal mengenai pemotongan hewan. Pasalnya di pasar tradisional, hampir 80 persen diduga non halal, lantaran menggunakan jasa pemotongan hewan liar atau di luar Rumah Potong Hewan (RPH).

Penegasan ini disampaikan Ihwan, mengingat munculnya pernyataan dari Dirut RPH Medan, Isfan Fachruddin, sehingga menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat.

“Apa yang disampaikan oleh pihak RPH menjadi dasar kuat bagi Pemko Medan untuk segera mengambil sikap dengan melakukan langkah koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk MUI agar segera membuat aturan yang terbaru. Dan Fraksi Gerindra dalam hal ini menekankan Pemko Medan segera menghadirkan satu aturan baku tentang tata cara atau pun aturan agar pemotongan dilakukan tetap di RPH, bukan di luar RPH,” tegasnya, Rabu (25/1).

Ihwan menambahkan, selain aturan tersebut dihadirkan pihak pemerintah kota, juga diminta untuk segera membentuk tim untuk melakukan pemantauan berbagai tempat pemotongan hewan baik itu lembu, kambing dan hewan lainnya di tengah masyarakat.

“Karena hingga kini masih banyak berbagai tempat pemotongan hewan ini beroperasi dan dilakukan pembiaran. Jadi dengan adanya tim yang dibentuk dapat mengambil tindakan tegas dengan menutup usaha pemotongan liar itu,” sarannya.

Kemudian Ihwan juga menyarankan agar pihak Pemko Medan dapat membentuk unit-unit di setiap kecamatan. “Jarak ke RPH itukan cukup jauh juga bila hendak dilakukan pemotongan hewan. Kenapa tidak dibentuk unit-unitnya untuk menambah pendapatan pihak RPH Kota Medan. Jika dikelola dengan manajemen yang baik tidak ada masalah. Pasti pendapatan RPH itu akan bertambah bila unit-unit ini dibentuk,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, mengenai adanya perumusan Ranperda Makanan Halal dan Higienis yang sedang diusulkan, pihaknya akan mengusulkan kepada tim pansus menambah aturan tentang pemotongan hewan.

“Saat ini sedang digodok tentang produk halal dan higienis oleh teman-teman. Maka kami dari Fraksi Gerindra akan mencoba apakah tentang sistem aturan tentang pemotongan hewan ini bisa dibuat aturanya dengan duduk bersama-sama membuat berbagai ajuan yang terbaik di setiap pasalnya bila memang memungkinkan bisa,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Minim Palang Pintu di Jalur KAI, Ini Kata DPRD Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api, pemerintah harus memperhatikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: