Breaking News
Home / Fokus Redaksi / Fasilitas Bandara Kualanamu Tak Sesuai Fungsi
WOL Photo
WOL Photo

Fasilitas Bandara Kualanamu Tak Sesuai Fungsi

MEDAN, WOL – Kualanamu International Airport (KNIA) menjadi salah satu bandara yang cukup megah dan berstandar International. KNIA juga menjadi salah satu bandara terbaik se Asia.

Berlokasi di Kabupaten Deliserdang, tentunya ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara karena memiliki bandara yang berkelas Internasional.

Kemegahan bandara juga, tentunya dilihat dari segi fasilitas dan infrastruktur yang memadai dan berstandart sesuai dengan prosedurnya. Namun kali ini, KNIA mendapat sorotan oleh beberapa penumpang yang hendak berangkat.

Komentar tersebut tertuju pada fasilitas Bandara Kualanamu yang tidak sesuai fungsinya, yakni pada area penjemputan penumpang. Pasalnya area jalur menurunkan/penjemputan penumpang di kedatangan maupun keberangkatan penumpang terbagi menjadi dua yakni jalur umum dan jalur khusus untuk penyandang difabel.

Namun pada kenyataannya, banyak kendaraan umum menggunakan jalur difabel untuk menurunkan penumpang yang tidak penyandang difabel. Melihat hal tersebut, Arya Lubis (27) Warga Jalan Bromo, Medan, yang hendak berangkat merasa kecewa.

“Sangat disayangkan, petugas bandara seolah-olah membiarkan kendaraan umum yang menurunkan penumpang non difabel di jalur khusus bagi difabel, seharusnya mereka kan di jalur umum. Bahkan ada beberapa juga kendaraan pejabat yang terparkir di jalur tersebut,” tuturnya, Kamis (7/12).

Hal yang sama juga diungkapkan Ocha yang membawa ibunya pada saat itu menggunakan kursi roda, tapi ia menyayangkan jalur yang seharusnya bisa digunakan oleh penyandang difabel, malah digunakan untuk parkir mobil pejabat plat merah.

“Ini harus menjadi PR bagi petugas maupun pengurus bandara, agar fasilitas sesuai dengan fungsinya, jangan mentang-mentang kita masyarakat biasa, terus kita dianggap remeh. Bandara inikan fasilitas umum buat masyarakat, dan fasilitas seharuanya disesuaikan dengan fungsinya,” tukasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

(foto: Ist)

Jelang Natal dan Tahun Baru, Jalan Mabar Rawan Perampok

MEDAN, WOL – Aksi kejahatan jelang Natal dan Tahun Baru kembali meresahkan warga Kota Medan. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.