_
Home / Medan / Eks Gedung Warenhuis Akan Dijadikan Pusat Kebudayaan Medan
WOL Photo

Eks Gedung Warenhuis Akan Dijadikan Pusat Kebudayaan Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Irwan Ritonga, menyebutkan pengambil alihan gedung Warenhuis di Jalan Hindu Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, bukan tanpa dasar. Pemko Medan berencana menjadikan gedung tersebut sebagai tempat pertunjukan multi etnis sekaligus kantor Dinas Kebudayaan Medan.

“Di gedung itu nantinya, akan banyak ruangan yang berisi tentang kebudayaan apa saja yang ada di Kota Medan. Jadi, kalau ada wisatawan mancanegara yang datang ke kota ini, tinggal di arahkan ke sana,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (7/8).

Lebih lanjut Irwan menambahkan, pengambil alihan gedung Warenhuis ini sudah sejak lama diwacanakan. Hanya saja pada saat itu, status gedung masih belum jelas. Sehingga Pemko Medan melalui bagian asset melakukan langkah pendataan dan mendaftarkan seluruh asset yang dimiliki ke Badan Pertanahan Nasional.

“Sertifikat gedung Warenhuis ini sudah keluar dan milik Pemko Medan sekarang. Nah, baru lah kita fikirikan mau dijadikan apa asset-asset yang kita punya sekarang ini. Seperti contohnya wacana pembangunan gedung opera di bekas gedung pusat perbelanjaan pertama zaman Belanda itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Satpol PP Kota Medan dibantu petugas Polrestabes Medan mengimbau kepada para penghuni gedung Warenhuis di Jalan Hindu Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat agar mengosongkan gedung ini 3 x 24 jam dan membuat pernyataan di atas materai. Apabila surat pernyataan ini tidak dilaksanakan, pihaknya akan datang untuk menertibkan.

“Gedung ini adalah bangunan tua bersejarah dan tidak diperkenankan bagi siapapun untuk menempatinya dan melakukan aktivitas tanpa izin Pemko Medan,” ucapnya kala itu.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ular Piton Sepanjang 3 Meter Hebohkan Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Ular Piton sepanjang 3 meter menggegerkan warga Jalan Sisingamangraja, depan Ramayana Teladan. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.