_
Home / Medan / Dukung Pariwisata Danau Toba, KA Dolok Martimbang Beroperasi Hari Ini
WOL Photo/Eko Kurniawan

Dukung Pariwisata Danau Toba, KA Dolok Martimbang Beroperasi Hari Ini

MEDAN, Waspada.co.id – Mendukung pariwisata Danau Toba dalam bidang akses transportasi, Kereta Api (KA) Dolok Martimbang hari ini mulai dioperasikan.

Kereta api kelas bisnis ini melayani rute Medan-Pematang Siantar dengan menggunakan rangkaian lima gerbong kereta berangkat dari Stasiun Medan pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Pematang Siantar sekira pukul 13.42 WIB.

Kemudian, rute dari Stasiun Pematang Siantar berangkat 18.15 WIB dan tiba di Stasiun Medan pukul 21.49 WIB. Tarif KA Dolok Martimbang untuk tahap awal atau mulai 5 hingga 19 Mei 2019 sebesar Rp 100.000 per orang.

Dan untuk harga tiket ditetapkan sesuai tarif batas bawah dan tarif batas atas sebesar Rp105.000, dan dapat berubah sesuai waktu yang ditentukan.

Vice President PT KAI Divre I SU, Rusi Haryono, menyatakan bahwa alasan dioperasikannya KA Dolok Martimbang, dikarenakan tingginya okupansi penumpang untuk KA Siantar Ekspres (Sireks) rute Medan-Siantar serta mendukung pariwisata Danau Toba.

“Setiap hari okupansi sudah penuh, apalagi hari-hari libur. Oleh karena itu, kita jalankan satu lagi dan kita beri nama KA Dolok Martimbang, dan untuk target awal bisa capai 50 persen,” tuturnya kepada Wartawan, Minggu (5/5).

Dan untuk KA Dolok Martimbang tentunya sudah tidak asing, karena pada tahun 1998 kereta api ini pernah ada. Selanjutnya pada 2007, KA Dolok Martimbang diganti dengan KA Sireks sampai sekarang dan ini dioperasikan kembali.

“Mudah-mudahan, dengan dijalankannya lagi KA Dolok Martimbang yang dioperasikan ketika hari-hari libur, bisa mewadahi penumpang yang ada,” jelasnya.

Menurut Haryono, KA Dolok Martimbang memiliki kapasitas 320 kursi, di dalam gerbong ada ruangan yang sudah cukup bagus, dan juga kursi yang bagus. “Selain itu, toilet dan sebagainya juga sudah diperbarui,” tandasnya. (wol/eko/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

PGN Terus Targetkan Pelanggan Bertambah Hingga Akhir 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Hingga akhir Tahun 2019, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Medan, terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: