Breaking News
Home / Medan / D’Sumut Rescue Gelar Simulasi Tanggap Bencana
Pelatih memperaktikkan teknik evakuasi korban bencana dari ketinggian gedung saat simulasi di Gedung Bank Indonesia (BI), Medan, Kamis (21/12). (WOL Photo/Ega Ibra)
Pelatih memperaktikkan teknik evakuasi korban bencana dari ketinggian gedung saat simulasi di Gedung Bank Indonesia (BI), Medan, Kamis (21/12). (WOL Photo/Ega Ibra)

D’Sumut Rescue Gelar Simulasi Tanggap Bencana

MEDAN, WOL – Yayasan D’Sumut Rescue menggelar simulasi tanggap bencana di Gedung Bank Indonesia (BI) Jalan Balaikota Medan, Kamis (21/12). Kegiatan itu digelar guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya kepada para karyawan Bank Indonesia agar mampu mengantisipasi apabila terjadi bencana.

Ketua Yayasan D’Sumut Rescue, Hendra Ramli, menyebutkan pihaknya bekerjasama dengan sejumlah institusi yang tergabung dalam satu tim. Diantaranya, Sumut Rescue, BPBD Sumut, PMI, Jibom Brimobdasu, Polsek Medan Barat, dan DP2K Medan.

“Kita berikan simulasi protokol penanganan darurat bencana di gedung bertingkat. Khususnya terhadap objek vital, karena penghuni gedung harus bisa mengantisipasi ancaman bencana, seperti gempa yang bisa mengakibatkan kebakaran dan aksi teror,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, kata Hendra, peserta simulasi diajarkan beberapa teknik penyelamatan. Seperti, bertical rescue dan teknik lowering untuk menurunkan korban menggunakan tandu basket, langsung menurunkan tanpa tangga dan lift.

“Apabila terjadi gempa, terlebih di gedung bertingkat, maka karyawan harus melakukan teknik evakuasi ke titik kumpul utama di halaman gedung. Apabila ada korban, maka pihak bank menghubungi tim penanggulangan bencana. Setelah dievakuasi, maka tim langsung hadir mendirikan tenda shelter dan kesehatan. Kemudian unit ambulan langsung menolong korban. Semua peserta kita ajari. Tak hanya itu, gempa juga bisa menimbulkan kebakaran dari dapur. Kita dapat memadamkan secara internal, dengan menggunakan alat pengapi ringan,” pungkasnya.(wol/ega)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Ega Ibra

PSMS Percaya Diri Hadapi Persib

BANDUNG, WOL – Kemenangan atas PSM Makassar pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.