Home / Medan / Drainase Medan Belawan Dinormalisasi
WOL Photo

Drainase Medan Belawan Dinormalisasi

MEDAN, WOL – Antisipasi banjir sesuai instruksi Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, juga dilaksanakan jajaran Kecamatan Medan Belawan. Selasa (13/3), Camat Medan Belawan, Ahmad, mengerahkan belasan personel  Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PGSU) melakukan pembersihan drainase di Lingkungan 43, Kelurahan Belawan II.

Kondisi drainase di kawasan yang padat penduduk itu sangat memprihatinkan. Selain kecil dan kurang lebar, permukaan drainase pun dipenuhi sampah sehingga mengalami penyumbatan yang cukup parah. Akibatnya bisa ditebak, rumah warga sekitar pun menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras turun.

“Drainase yang ada di sini sudah lama tidak dibersihkan. Lihat sajalah isi drainase semuanya sampah. Wajar jika kawasan ini menjadi langganan banjir, sebab drainasenya tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, pagi ini kita turunkan personil P3SU Kecamatan Medan Belawan untuk melakukan pembersihan,” kata Ahmad.

Dengan menggunakan cangkul dan penggaruk, personil P3SU melakukan pembersihan drainase dengan melakukan pengorekan. Selain membersihkan sampah, para personil yang dibentuk Wali Kota sebagai ujung tombak untuk menangani sarana dan prasarana di seluruh kecamatan serta kelurahan itu pun mengorek dasar drainase yang telah mengalami sendimentasi tersebut.

Selanjutnya Ahmad pun mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan draianse yang telah selesai dinormalisasi tersebut. “Jangan pernah sekali pun membuang sampah ke dalam drainase. Di samping itu tak ada salahnya warga rutin melakukan pengorekan drainase yang ada di depan rumahnya masing-masin, minimal sebulan sekali. Apabila ada kendala dalam pengorekan, kita langsung turun memberikan bantuan,” ungkapnya.

Selain di Lingkungan 43, Ahmad mengatakan pihaknya telah menginventarisir titik-titik drainase yang perlu dinormalisasi karena  tidak berfungsi akibat penyumbatan dna sendimentasi yang cukup parah. Dikatakannya, semua drainase yang telah diinventarisir akan segera dinormalisasi secepatnya.

“Berhubung petugas kita terbatas, normalisasi drainase harus dilakukan secara bertahap. Yang menjadi prioritas utama tentunya drainase yang kondisinya cukup parah sehingga menyebabkan kawasan tersebut menjadi langganan banjir. Untuk mendukung kelancaran normalisasi, kita selalu bersinergi dengan Dinas PU, terutama dalam rangka menormalisasi drainase yang sangat parah dan tidak mungkin dilakukan secara manual,” ungkapnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

‘2020 Ganti Wali Kota Medan’, Netizen: Lebih Cepat Lebih Bagus

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai komentar pedas keluar dari para netizen, saat pemberitaan ‘2020 ganti Wali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: