Home / Medan / DPRD Tolak Wacana Kenaikan TDA PDAM Tirtanadi
Ketua Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan (WOL Photo)

DPRD Tolak Wacana Kenaikan TDA PDAM Tirtanadi

MEDAN, WOL – Ketua Komisi C DPRD Kota Medan, Boydo HK Panjaitan, menolak wacana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi di awal tahun ini akan menaikkan Tarif Dasar Air (TDA).

Pasalnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumut tersebut, belum maksimal memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya warga Kota Medan. Sebab menurutnya, konsumen terbesar perusahaan plat merah ini merupakan warga Medan.

“Masih mudah kita temui penyaluran air milik PDAM Tirtanadi yang macet. Contohnya di Kecamatan Medan Kota. Kalau sudah masuk sore ke malam, air sama sekali tidak mengalir. Begitu juga di Kecamatan Medan Barat. Di sana lebih parah lagi, mengalir airnya tapi keruh. Nah, makanya saya pribadi menolak wacana itu sebelum mereka perbaiki kinerjanya, baik dari layanan maupun kualitas airnya,” tegasnya menyikapi wacana tersebut, Sabtu (7/1).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, beberapa waktu yang lalu ada wacana anggota DPRD Medan untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) mengalihkan manajemen PDAM Tirtanadi dari Pemerintah Provinsi Sumut ke Pemko Medan. Sama seperti di kota-kota besar lainnya, manajemen pengelolaan perusahaan air daerah diambil pemerintah kabupaten/kota itu sendiri.

“Contohnya Pemko Bandung dan Pemko Surabaya. Mereka mengelola sendiri Perusahaan Daerah Air Minumnya. Jadi lebih terukur dan kualitas layanan maupun pengelolaan keuangannya lebih baik. Beda di kota ini. PDAM selalu merugi dan terus disuplay kebutuhannya oleh Pemprovsu. Tapi saya melihat tidak ada progresnya. Makanya lebih baik kita (Pemko Medan, red) ambil alih, jadi tahu  dibuat seperti apa,” ketusnya.

Sebelumnya, Dirut PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo, menyebutkan kalau awal tahun ini pihaknya akan menaikkan TDA sebesar 30 persen. Dimana kenaikan TDA tersebut dikarenakan mahalnya bahan baku untuk memproses air bersih disalurkan ke para pelanggan PDAM.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Akhir September, Bus PSMS Tiba di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Kabag Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Medan, S I Dongoran, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: