Home / Medan / DPRD Sumut ragukan pengolahan limbah B3 rumah sakit
JIBI Photo

DPRD Sumut ragukan pengolahan limbah B3 rumah sakit

MEDAN, WOL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara meragukan sejumlah rumah sakit di Kota Medan dalam mengelola limbah bahan berbahaya dan beracun. Pasalnya, banyak rumah sakit yang memiliki lahan sempit dan berlokasi di pemukiman padat.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi D dan E DPRD Sumut dengan sejumlah rumah sakit swasta, diketahui bahwa Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut tidak memiliki data pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dihasilkan rumah sakit.

Padahal, kata anggota Komisi D Astra Yudha Bangun kepada Waspada Online Kamis (9/4), seharusnya BLH Sumut juga memiliki laporan dari seluruh rumah sakit yang dilaporkan kepada BLH Kota Medan.

Astra menerangkan, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 1204/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, limbah medis yaitu sisa operasi harus dimusnahkan dalam waktu 1x 24 jam dengan pembakaran pada suhu tertentu. Bagi rumah sakit yang tidak memiliki insinerator wajib bekerjasama dengan pihak ketika untuk diangkut segera dalam waktu sehari.

Namun pihak RS Murni Teguh yang diwakili oleh Fanri Naibaho mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan RS Pirngadi Medan untuk memusnahkan limbah B3 yang mereka hasilkan. Meski demikian, pengangkutannya tetap mereka lakukan sendiri.

Akan tetapi hal tersebut dinilai telah melanggar aturan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sebab untuk pengangkutan limbah B3 harus dilakukan pihak yang benar-benar memiliki kewenangan dan mendapatkan izin.

Ditambahkan Kepala Bagian Penataan dan penindakan Hukum BLH Sumut Indra Utama, meski RS Pirngadi Medan memiliki pengelolaan limbah B3 sendiri, namun rumah sakit tersebut tidak diizinkan untuk mengambil ataupun menerima limbah B3 dari rumah sakit lain. Pihaknya juga meminta rumah sakit yang bersangkutan untuk menjelaskan kerjasama pengolahan limbah tersebut. (wol/data2)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wagubsu Pimpin Rapat Pengendalian Inflasi Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengharapkan ada solusi jangka panjang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: