Breaking News
Home / Medan / DPRD Sarankan Pemko Usulkan Perda PK5
Godfried Effendi Lubis. (WOL Photo)
Godfried Effendi Lubis. (WOL Photo)

DPRD Sarankan Pemko Usulkan Perda PK5

MEDAN, WOL – Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan, Godfried Effendi Lubis, mendesak Pemko Medan agar segera mengusulkan perda mengenai pedagang kaki lima (PK5). Sebab dengan adanya perda tersebut, seluruh permasalahan PK5 dapat diakomodir dan penataannya maksimal.

Dikatakan, PK5 merupakan penggerak ekonomi kerakyatan. Namun tidak pernah mendapatkan tempat yang laik untuk berjualan. “Para pedagang juga kerap menggunakan trotoar dan fasilitas umum (fasum) yang ada untuk menggelar lapak dagangannya,” tutur Godfried, Rabu (13/9).

Politisi Gerindra ini juga berharap, perda tentang PK5 ini akan menjawab semua permasalahan yang ada di Kota Medan. Sebab kalau hanya dengan penertiban, sifatnya sementara dan tidak memecahkan masalah.

“Setelah itu Pemko Medan harus membentuk Unit Pelaksana Teknis (UTP) pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Medan. UPT ini penting agar persoalan-persoalan di setiap kecamatan mampu diakomodir secara maksimal,” ujarnya.

“Melihat kewenangan Satpol PP yang begitu besar berdasarkan PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah, tentu membutuhkan perpanjangan tangan di semua kecamatan. Makanya kalau bisa tahun depan sudah ada UPT dari Satpol PP,” sambungnya.

Lebih lanjut Godfried menjelaskan, kehadiran Perda PK5 akan menitikberatkan pada instansi terkait yang membawahi urusan pedagang. Karena selama ini, urusan PK5 identik dengan penertiban di bawah komando Satpol PP. Padahal ada sisi pembinaan dan keahlian yang perlu diperhatikan oleh pemerintah.

“Di sinilah dibutuhkan lintas instansi berperan terhadap kelangsungan PK5. Jika PK5 dikelola maksimal, sangat memungkinkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan,” pungkasnya.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: billboard

Ed Sheeran Sampaikan Maaf pada Fans Indonesia

JAKARTA, WOL – Gagal berkunjung dan konser di Indonesia, Ed Sheeran rupanya tidak diam saja. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.