Home / Medan / DPRD Sarankan Pelataran Parkir Eks Aksara Plaza Jadi Relokasi Pedagang
Pedagang membongkar sendiri kios dagangannya yang berdiri di bahu jalan saat ditertibkan oleh Satpol PP di kawasan Pasar Aksara, Medan, Kamis (13/9). Petugas gabungan Satpol PP Kota Medan dan Deli Serdang menertibkan lapak pedagang eks Pasar Aksara yang terbakar karena dibangun di bahu jalan dan di atas saluran drainese. (WOL Photo/Ega Ibra)

DPRD Sarankan Pelataran Parkir Eks Aksara Plaza Jadi Relokasi Pedagang

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi C DPRD Medan, Hendra DS, menilai pelataran parkir eks Aksara Plaza sangat layak untuk ditempati sementara oleh pedagang eks Pasar Aksara. Pasalnya, lokasi tersebut mampu menampung ratusan pedagang yang jumlahnya diperkirakan mencapai 800-an orang.

“Penampungan sementara yang ditunjuk oleh Pemko Medan di bekas terminal sangat sempit. Paling hanya bisa menampung 200-an pedagang. Lebih baik ditempatkan di pelataran parkir Aksara Plaza, karena lebih luas. Tapi jangan permanen, cukup dipasang payung saja,” ujarnya, Jumat (14/9).

Ia menyebutkan, karena lokasi penampungan tak layak, makanya pedagang menolak pindah ke lokasi yang diberi Pemko Medan. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, jumlah pedagang yang tergabung dalam forum pedagang Aksara berkisar 400-an orang. Namun belakangan diketahui, jumlah sebenarnya mencapai 800-an orang.

Politisi Hanura ini menambahkan, permasalahan pedagang eks Pasar Aksara karena berdiri di dua pemerintahan yang berbeda, yakni di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Namun pedagang di sana mayoritas merupakan warga Kota Medan. Selayaknya pemko segera memberi solusi yang tepat.

Hendra menyarankan, jika pemerintah khawatir pedagang tak mau pindah dari lokasi sementara bila pasar sudah selesai dibangun, dibuat perjanjian terlebih dulu antara pedagang dan pihak PD Pasar sebelum penempatan di lokasi sementara.

“Dibuat perjanjian pedagang menyatakan bersedia pindah dari lokasi sementara jika pasar sudah selesai dibangun. Nanti pihak PD Pasar buat zoning pedagang, agar lebih tertata dan rapi berjualan walau pun tidak permanen tempat jualan,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Langgar Damija, PK5 Stadion Teladan Ditertibkan

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Kota Medan melalui Satpol PP yang tergabung dalam satuan Tim Terpadu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: