Home / Medan / DPRD: Permenhub 108/2017 Tak Perlu Dipersoalkan
WOL Photo/Rizki

DPRD: Permenhub 108/2017 Tak Perlu Dipersoalkan

MEDAN, WOL – Kemunculan Permenhub 108/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang menjadi polemik berkepanjangan antara angkutan moda berbasis aplikasi dan angkutan moda konvensional (angkot) tidaklah perlu diperdebatkan.

Sebab, terbitnya kebijakan tersebut tentunya dalam rangka untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan kegiatan bagi kedua belah pihak (angkutan, red).

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Medan, Jumadi S.Pdi, tidaklah menjadi persoalan yang krusial dengan terbitnya Permenhub 108/2017 tersebut. Dengan adanya uji KIR, pemasangan stiker, wajib SIM A umum menjadikan kendaraan transportasi umum memiliki sebuah standar kelayakan operasional.

“Artinya, kondisi kendaraan yang layak untuk dinaiki itu harus dipenuhi oleh penyedia angkutan massal. Semua itu demi memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang. Dan hal itu adalah wajar,” ungkapnya, menyikapi polemik Permenhub 108/2017 tentang penyelenggara angkutan, Senin (12/2).

Jumadi menambahkan, era millenium ketiga sekarang ini sudah memasuki zaman digital. Segala bentuk bisnis yang muncul di tengah-tengah masyarakat tersaji dalam bentuk aplikasi. Secara tidak langsung, masyarakat pun dituntut harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Kalau kemunculan angkutan berbasis aplikasi ini dianggap mengurangi pendapatan angkutan konvensional, semua itu akan terukur dari segi pelayanan dan kenyamanan. Konsumen punya hak untuk memilih,” ujarnya.

Menyangkut Permenhub 108/2017, sebut anggota Komisi B DPRD Medan ini, Kementerian Perhubungan dianggap sudah berlaku netral. Selaku kendaraan yang difungsikan sebagai angkutan massal, selayaknya mengikuti aturan.

“Semua itu demi keamanan dan kenyaman pengguna jasa. Penyedia jasa ya harus ikuti aturanlah,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

“Berlakukan Perda Halal dan Higienis di Pasar Tradisional”

MEDAN, WOL – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Medan, Jumadi S.Pdi, meminta Perusahaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: