Breaking News
Home / Medan / DPRD Minta Pemko Medan Bersinergi Dengan Polrestabes Awasi Spekulan
Istimewa
Istimewa

DPRD Minta Pemko Medan Bersinergi Dengan Polrestabes Awasi Spekulan

MEDAN, WOL – Sejumlah politisi di DPRD Medan berharap pemerintah kota (Pemko) dan instansi terkait lainnya melakukan pengawasan ketat mengenai kenaikan harga bahan pokok di pasaran jelang bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Pasalnya sangat mungkin terjadi adanya permainan para spekulan untuk menaikkan harga bahan pokok tersebut.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan, Muhammad Nasir, menyambut baik pernyataan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin maupun Bulog perihal ketersediaan bahan pokok aman sampai tiga bulan ke depan. Begitu juga antisipasi kenaikan harga di pasaran, Pemko Medan menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat kurang mampu khususnya beragama Islam dalam menjalankan menyambut dan menjalankan puasa, dengan menggelar pasar murah.

“Kita tidak bisa mengandalkan pasar murah saja, karena produk yang dijual pun jumlahnya terbatas. Kenaikan harga bahan pokok di pasaran bukan karena tingginya permintaan, melainkan diduga stok bahan yang menipis, karena permainan spekulan,” ungkapnya, Jumat (19/5).

Menurutnya, hal inilah yang harus diwaspadai untuk melindungi masyarakat dari ulah spekulan yang memanfaatkan moment Ramadhan dan Idul Fitri untuk meraih keuntungan besar. Bukan hanya Pemko Medan, instansi terkait lainnya harus melakukan pengawasan yang sangat ketat, agar konsumen tidak menjadi korban.

“Pemko dan kepolisian harus bersinergi dengan langsung menindak spekulan, bila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar di pasaran,” sarannya.

Hal senada juga diucapkan Ketua Fraksi PPP DPRD Medan, Abdul Rani. Ia berharap kepada instansi terkait untuk mengawasi usaha-usaha ritel modern. Karena, sering ditemukan pengusaha retail modern memanfaatkan moment Ramadhan dan Idul Fitri untuk menjual produk-produk kadaluarsa atau hampir kadaluarsa.

“Tahun-tahun sebelumnya banyak ditemukan produk-produk kadaluarsa atau hampir kadaluarsa beredar. Sepertinya pengusaha memanfaatkan moment ini untuk menghabiskan stok lama mereka,” sindirnya.

Mengenai pasar murah, Rani sangat berharap pelaksanaannya tidak seluruhnya di kantor lurah, melainkan berdekatan dengan pemukiman warga yang benar-benar membutuhkan. “Kalau baca media massa, persepsi saya mengatakan pasar murah yang dilaksanakan di 151 titik itu digelar di kantor-kantor lurah. Sementara di banyak tempat, letak kantor-kantor lurah itu berada jauh dari lingkungan masyarakat. Ini juga saya pikir kurang efektif. Harusnya dicari tempat yang berdekatan dengan pemukiman masyarakat,” sarannya mengakhiri.(wol/mrz/d2) 

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: zimbio

Ibra Belum Siap Main Dari Menit Awal

BASEL, WOL – Zlatan Ibrahimovic sudah bermain untuk Manchester United. Kendati demikian, striker berusia 36 ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.