Breaking News
Home / Medan / DPRD Minta Dinas Pariwisata Kembangkan Situs Kota Cina
foto: istimewa

DPRD Minta Dinas Pariwisata Kembangkan Situs Kota Cina

MEDAN, WOL – Komisi C DPRD Medan mendorong Dinas Pariwisata Kota Medan serius mengelola situs sejarah dan cagar budaya yang ada di Kota Medan. Sistem pengelolaan disarankan melibatkan semua unsur serta kerja sama antar SKPD. Sehingga, dipastikan dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan anggota Komisi C DPRD Medan, Andi Lumbangaol, dalam Rapat Dengar Pendapat ( RDP) dengan Dinas Pariwisata Medan, Selasa (1/8).

Dikatakan Andi, Kota Medan memiliki banyak potensi wisata yang layak jual seperti situs Kota Cina di Kecamatan Medan Marelan, serta bangunan cagar budaya yang saat ini minim pemeliharaan.

Untuk pengelolaan itu, sebut politisi PKPI ini, tidak boleh Dinas Pariwisata saja yang menjalankannya seperti sarana dan prasarana jalan, tapi harus melibatkan lintas sektoral.

Dalam RDP yang hanya dihadiri tiga anggota Komisi C yakni Ketua Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan dan Dame Duma Sari Hutagalung (Gerindra) itu, Andi mempertanyakan komitmen Dinas Pariwisata terkait keseriusan pengelolaan seluruh cagar budaya dan situs sejarah serta seluruh obyek wisata yang ada di Kota Medan.

“Bukti keseriusan mengelola obyek wisata tentu akan didukung berbagai faktor seperti menambah anggaran. Sebab, jika benda-benda bersejarah di Kota Medan tidak dipelihara, di kwatirkan akan punah, bahkan hilang begitu saja,” sebutnya seraya meminta Dinas Pariwisata supaya memiliki komitmen tinggi upaya pemeliharaan seluruh obyek wisata yang ada.

“Kita setuju anggaran pemeliharaan situs sejarah dan cagar budaya ditambah. Bila perlu anggaran untuk hiburan akhir tahun dihapuskan,” pungkasnya.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pilpres 2009, Hasto: Konsultan Asing Dibawa Gerindra

JAKARTA, Waspada.co.id – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membantah tudingan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: