_
Home / Medan / DPRD Menyetujui LPj Wali Kota Medan TA 2017
WOL Photo

DPRD Menyetujui LPj Wali Kota Medan TA 2017

MEDAN, Waspada.co.id – Panitia Khusus DPRD Medan membahas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daearh (APBD) Medan tahun 2017 (Pansus LPj), meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyusun anggaran secara realistis, sehingga realisasi tidak jauh dari proyeksi atau perencanaan anggaran.

“Tidak tercapainya pendapatan yang telah ditargetkan serta tidak berjalannya program-program yang telah direncanakan, sehingga berpengaruh terhadap rencana pembangunan,” ujar Ketua Pansus LPj, Robby Barus, membacakan hasil kerja pansus dalam Paripurna DPRD Medan, Senin (1/10).

Realisasi pendapatan daerah tahun 2017 Rp4,409 triliun atau 79,82 persen dari proyeksi Rp5,523 triliun. Sedangkan realisasi belanja hanya Rp4,394 triliun atau 79,22 persen dari proyeksi Rp5,547 triliun.

“Kita berkeinginan seluruh program yang sudah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Medan,” katanya.

Pansus LPj meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun anggaran yang realistis. Memprioritaskan program kerja yang dapat meningkatkan pembangunan Kota Medan, dan bermanfaat bagi masyarakat. Pada kesempatan itu, Pansus LPj juga mengkritisi sejumlah rencana pendapatan yang tidak terealisasi.

Proyeksi pendapatan asli daerah (PAD) dari Dinas Perhubungan Rp55,108 miliar, namun realisasi hanya Rp26,050 miliar atau 47,2 persen. Realisasi PAD di Dinas Perhubungan menimbulkan kekecewaan Pansus LPj, mengingat potensi PAD dari retribusi parkir pinggir jalan yang cukup besar. “Pemko Medan seharusnya melakukan upaya kongkrit mencegah kebocoran pendapatan dari sektor parkir,” katanya.

Realisasi pendapatan dari admnistrasi kependudukan ditargetkan Rp1 miliar. Namun terealisasi hanya Rp649,275 juta atau 83 persen dari target. Target pendapatan dari pajak dan retribusi yang dikelola Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Rp1,392 triliun. Sedangkan terealisasi hanya Rp1,380 triliun atau 99,15 persen dari target.

Pendapatan dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Rp9,864 miliar atau 51,49 persen dari target Rp19,158 miliar. “Penghapusan kewajiban membayar retribusi izin gangguan seharusnya tidak mengurangi pendapatan secara signifikan, karena potensi wajib pajak, khususnya bumi dan bangunan masih sangat signifikan. Potensi pendapatan dari retribusi yang dikelola Dinas Pertamanan Rp19,221 miliar masih jauh dari proyeksi Rp30,5 miliar.

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung dan dihadiri Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Pansus LPj menyampaikan 9 butir rekomendasi, di antaranya meminta Wali Kota Medan mengevaluasi jajarannya terkait rencana program pembangunan dan rendahnya realisasi pendapatan daerah Medan tahun 2017.

Dalam paripurna, fraksi-fraksi di DPRD Medan secara umum menerima LPj Wali Kota Medan. DPRD Medan bersama Wali Kota menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) LPj Medan tahun 2017 menjadi perda Kota Medan.

Disetujui, pendapatan Rp4,409 triliun belanja Rp4,394 triliun dan dana transfer Rp1,7 miliar, dengan surplus Rp13,240 miliar. Pembiayaan Rp35,461 miliar, pengeluaran Rp5 miliar dan pembiayaan netto Rp30,461 miliar.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dalam sambutannya mengatakan pembahasan LPj oleh DPRD Medan dilakukan secara substansi dan teliti. Hasil pembahasan merupakan catatan strategis bagi seluruh stakeholder, dijadikan masukan guna meningkatkan kemampuan manajerial untuk mewujudkan pemerintah daerah yag semakin trabsaran, partisipatif dan akuntabel.

Eldin mengatakan pembangunan Medan tahun 2017 secara umum memberikan banyak keberhasilan. Berbagai rencana dan program yang belum terwujud menjadi tantangan tantangan tersendiri untuk pembangunan Medan ke depan.

“LPj ini akan menjadi catatan strategis, menjadi masukkan sekaligus pertimbangan pokok dalam merumuskan arah kebijakan umum dan program prioritas penyelenggaraan pemerintah Kota Medan yang akan datang,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

LKPj Wali Kota T.A 2018 Tak Dibahas, PKS Surati Pimpinan

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan, Salman Alfarisi, menyayangkan tidak dibahasnya Laporan Keterangan Pertanggung jawaban ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: