Home / Medan / DPRD Medan Segera Buat Perda Penggunaan Bahasa Indonesia
foto: Istimewa

DPRD Medan Segera Buat Perda Penggunaan Bahasa Indonesia

MEDAN, WOL – DPRD Medan diperkirakan dalam waktu dekat ini akan membahas Peraturan Daerah tentang penggunaan bahasa Indonesia di tempat umum. Pasalnya tak jarang ditemukan sekelompok orang atau lebih dari satu orang menggunakan bahasa daerah di tempat umum. Sehingga dapat memicu prasangka negatif bagi yang tidak mengetahuinya.

Anggota Komisi A yang juga anggota Badan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Medan, Waginto mengatakan, sejauh ini pihaknya telah mengajukan Perda Penggunaan Bahasa Indonesia di Tempat Umum masuk ke Program Legislasi Daerah (Prolegda) bersamaan dengan Perda tentang Kepala Lingkungan (Kepling) beberapa waktu lalu.

“Perda itu sangat mendesak dibuat. Sebab penggunaan Bahasa Indonesia sangat penting untuk menerobos mereka yang suka berbahasa daerah di tempat umum. Kita kan punya bahasa pemersatu, ya digunakan lah. Apalagi di tempat umum. Orang yang tidak mengerti bisa salah paham kalau kita pakai bahasa daerah. Itu namanya menghargai bahasa nasional,” katanya, seraya mengatakan Perda tersebut akan dibahas setelah Perda Tenaga Kerja Asing selesai, Rabu (6/5).

Waginto juga menyesalkan adanya oknum-oknum yang suka menggunakan bahasa daerah di tempat umum. Ini kebanyakan dilakukan suku Tionghoa yang tak segan-segan berbicara dalam bahasa Hokkien di depan masyarakat pribumi.

“Kita harap dengan Perda itu nantinya, tidak ada lagi yang berbahasa daerah atau berbahasa asing di tempat publik. Agar tidak timbul kesalahpahaman,” pungkasnya.

Dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan jelas disebutkan kewajiban warga negara Indonesia agar menggunakan Bahasa Indonesia ditempat fasilitas umum dan lingkungan kerja pemerintah dan swasta. Akan tetapi peraturan tersebut tidak berlaku di Sumatera Utara khususnya Kota Medan. (wol/muhammad rizki/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Warga Medan Tuntungan Butuh Sentuhan Infrastruktur

MEDAN, Waspada.co.id – Warga Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, keluhkan Jalan rusak, drainase serta ketiadaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: