_
Home / Medan / DPRD: Lemah Atasi Banjir, Evaluasi Anggaran OPD Terkait
WOL Photo/Ega Ibra

DPRD: Lemah Atasi Banjir, Evaluasi Anggaran OPD Terkait

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Komisi D DPRD Medan, Salman Alfarisi, menilai perlu adanya evaluasi menyeluruh terhadap anggaran infrastruktur yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terhadap penanggulangan banjir.

“Persoalan banjir di Medan ini muncul saat tingginya curah hujan. Dan saya menilai perlu adanya evaluasi terhadap proyek infrastruktur di Kota Medan karena belum bisa menjawab persoalan banjir ini,” ketusnya, Senin (17/9).

Salman menyebut, produk hukum yang sudah ada misalnya Peraturan Daerah tentang Zonasi Wilayah, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Rancangan Detail Tata Ruang (RDTR), Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) hingga perda Pengeloaan Persampahan belum mampu menjawab persoalan banjir ini.

“Saya melihat baik itu proyek infrastruktur dan produk hukum yang diciptakan belum mampu menjawab persoalan ini,” ketus politisi PKS ini.

Lebih lanjut Salman mengatakan, dalam penerapan produk hukum ini, diperlukan ketegasan Pemerintah Kota Medan dalam menjalankannya. “Kenapa, karena banyak pembangunan di Medan tidak memperhatikan lingkungan sekitar sehingga menimbulkan dampak negatif,” bebernya.

Melihat persoalan banjir ini, lanjut Salman, sebagai kota yang dilintasi banyak sungai memerlukan sinkronisasi dan koordinasi antar lembaga. “Harus ada sinkronisasi dan koordinasi yang baik dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Kita juga tidak melihat adanya sinkronisasi dan koordinasi yang baik sehingga pemanfaatan dan mamaksimalkan fungsi sungai kurang dilakukan dengan baik,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

DPRD Sarankan Pemko Medan Lakukan Peremajaan Pohon

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Medan, Ilhamsyah, meminta Pemerintah Kota Medan melalui ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: