_
Home / Medan / DPRD: Komite Sekolah Harus Kembali Pada Titahnya
(WOL Photo)

DPRD: Komite Sekolah Harus Kembali Pada Titahnya

MEDAN, WOL – Anggota Komisi B DPRD Medan, Wong Cun Sen, menilai keberadaan komite sekolah masih sangat diperlukan untuk memajukan dunia pendidikan. Sebab berdasarkan aturan yang ada, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) komite memberikan masukan kepada kepala sekolah demi keberlangsungan pendidikan di sekolah masing-masing, bukan seperti kondisi yang terjadi akhir-akhir ini. Di mana komite sibuk mengurus uang yang dikutip dari siswa setiap bulannya.

“Mengingat komite yang sudah lari dari tupoksinya, seharusnya mereka intropeksi diri, untuk apa keberadaan mereka. Komite juga harus punya program yang berkaitan dengan program Wali Kota Medan. Misalnya tidak ada lagi kutipan-kutipan di luar uang komite,” ucapnya kepada Waspada Online, Jumat (23/9).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebutkan kalau dirinya sudah menyarankan kepada unsur pimpinan di komisi untuk secepatnya menyelesaikan seluruh persoalan yang terjadi di Dinas Pendidikan, termasuk konflik Komite SMAN 13 dengan orang tua siswa mengenai uang insidental dan naiknya uang komite. Sebab, kondisi ini tidak menutup kemungkinan juga terjadi di sekolah negeri lainnya.

“Kita di Komisi B berharap sebelum pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) berganti, semua surat yang masuk di komisi khususnya mengenai pendidikan selesai. Kalau tidak, akan menjadi pekerjaan rumah pimpinan Komisi B berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu pada berita sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar, menjelaskan bahwa komite terbentuk atas Kepmen Pendidikan 044/UU/2002. Alhasil, komite dengan leluasa memanfaatkan wewenangnya.

“Saya tidak ingin berpolemik. Jika pemerintah pusat menyetujui pembubaran komite saya siap menjalankan. Sebab komite tidak bertanggunjawab pada Dinas Pendidikan. Komite bertanggungjawab ke kepala sekolah. Karena yang meng-SK kan mereka adalah kepala sekolah. Tapi maunya saya, sama-sama lah kita memajukan dunia pendidikan ini,” pintanya kala itu.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wanwir Femina Wadah Wanita Indonesia Kembangkan Wirausaha

MEDAN, Waspada.co.id – Berkomitmen mendukung para wirausaha wanita di Indonesia, Femina terus menggalakkan program Wanita ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.