Home / Medan / DPRD: Kalau Pengadaan Laptop Untuk Menunjang Kinerja, Kenapa Tidak!
Anggota Komisi C DPRD Medan, Ratna Sitepu.(foto muhammad rizki)

DPRD: Kalau Pengadaan Laptop Untuk Menunjang Kinerja, Kenapa Tidak!

MEDAN, WOL – Anggota Komisi C DPRD Medan, Ratna Sitepu, mengaku kalau keberadaan laptop sangat penting guna menunjang kinerja para anggota dewan. Di mana alat tersebut dapat menyimpan seluruh data, baik Perda maupun Perwal yang sudah disahkan oleh eksekutif dan legislatif.

Ratna mencontohkan, ketika anggota dewan reses menyambut aspirasi masyarakat, pasti membutuhkan perangkat yang menunjang kinerja mereka. Begitupun hal terpenting adalah, para anggota dewan tersebut harus melek teknologi meskipun masing-masing mereka memiliki staf untuk mempermudah kinerja.

“Bukan pada saat reses saja. Ketika menghadiri rapat dengar pendapat antara instansi pemerintah atau swasta dan masyarakat di komisi, anggota dewan dapat dengan mudah membuka Peraturan Daerah atau Peraturan Wali Kota yang berkenaan dengan pembahasan. Jadi memang, mau tidak mau anggota dewan harus melek teknologi. Itu kalau pendapat pribadi saya ya,” ungkap politisi Hanura ini kepada Waspada Online, Sabtu (19/11).

Hal yang sama juga diucapkan anggota Komisi B DPRD Medan, Irsal Fikri. Menurut politisi PPP ini, keberadaan laptop sangatlah penting untuk menunjang kinerja mereka. Hanya saja, harga yang sudah digelontorkan pemerintah untuk pengadaan ini harus sesuai dengan spesifikasinya. Sebab, untuk mengunduh file tertentu di situs pencarian membutuhkan proses waktu. Jika perangkat ini didukung dengan spesifikasi tinggi serta jaringan internet yang cukup baik, maka akan dengan mudah menemukan Perda atau Perwal yang dicari.

“Sampai sekarang kita belum menerima unitnya, meskipun infonya sudah sebahagian anggarannya disahkan. Yang saya tahu, pengadaan komputer untuk menunjang kinerja staf di komisi dan sekretariat sudah turun unitnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, pengamat anggaran Sumatera Utara, Elfenda Ananda, menilai pengadaan elektronik di Sekretariat DPRD Medan yang katanya untuk menunjang kinerja staf maupun dewan tersebut sangatlah besar.

Terkait pengadaan laptop, pria berkacamata ini menyarankan agar segera dibatalkan karena sifatnya pribadi. Terlebih pada pengadaan tablet untuk unsur empat pimpinan dewan. Menurutnya tidak memiliki manfaat dalam pelayanan.

“Sulit memastikan alat tersebut untuk kegunaan fungsi legalasi dan budgeting. Faktanya mereka keluyuran terus keluar daerah. Kalau memang kegunaan alat itu untuk fungsi mereka, harusnya biaya perjalanan dinas akan turun jumlahnya,” tukasnya.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

DPRD Sebut Penguasa Papan Reklame di Medan Tak Tersentuh Penertiban

MEDAN, Waspada.co.id – Juru bicara Fraksi Golkar DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe, menilai Pemerintah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: