_
Home / Fokus Redaksi / DPRD Dukung Langkah Poldasu Periksa Dishub
Parlaungan Sumangunsong. (WOL Photo)

DPRD Dukung Langkah Poldasu Periksa Dishub

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi D DPRD Medan, Parlaungan Sumangunsong, mengapresiasi pernyataan Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, yang akan menyelidiki kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) di jajaran Pemko Medan, salah satunya retribusi parkir tepi jalan.

Menurutnya, pernyataan itu sangatlah wajar. Mengingat Dinas Perhubungan menargetkan PAD Rp43,8 miliar di tahun 2018 namun yang terserap hanya Rp16,8 miliar. Sehingga ada potensi lost Rp27 miliar.

“Kalau kita sudah capek mempertanyakan dan mengingatkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, untuk mengejar potensi-potensi PAD yang ada. Kan semua target PAD ini sudah dibahas dan disepakati bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan analisa dan perhitungan. Kenyataannya di tahun berjalan, target itu tidak tercapai. Itu makanya jadi pertanyaan semua pihak,” ketusnya, Jumat (14/12).

Dengan adanya pernyataan Kapoldasu, sebut Parlaungan, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin lebih fokus lagi mengingatkan bawahannya agar mengejar potensi PAD khususnya retribusi parkir tepi jalan. “Ini adalah dorongan kepada Wali Kota untuk menggali potensi-potensi PAD dari sektor yang dianggap berpotensi,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Pada berita sebelumnya, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, akan membidik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang diduga menjadi ladang bagi oknum untuk mengeruk keuntungan pribadi, salah satunya Dinas Perhubungan Kota Medan.

Mantan Kapolsek Percut ini menilai, kebocoran PAD di sektor ini tidaklah wajar. “Padahal inikan kalau bisa diserap dengan baik, bisa digunakan untuk masyarakat. Maka dari itu, ini yang tengah kita selidiki, kenapa bisa begitu. Pemerintah daerah ini kan perpanjangan tangan pemerintah pusat. Intinya bagaimana masyarakat bisa merasakan kehadiran negara di dalam kehidupannya,” tegasnya.

Agus mengaku pihaknya sudah memperingatkan Pemko Medan agar benar-benar bekerja mengumpulkan potensi-potensi pendapatan daerah. “Inilah kesempatan saya, selama ini saya tinggal di Sumut dan ini kesempatan terakhir saya selagi menjabat Kapolda Sumut. Kita dorong dan desak Pemko Medan untuk meraup seluruh potensi-potensi itu demi kebaikan. Masa untuk yang baik gak mau,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

DPRD Medan: Perbaikan Infrastruktur Jalan Perlu Perencanaan Matang

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan dari Fraksi Gerindra, Dedy Aksyari Nasution, menilai pengerjaan proyek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.