_
Home / Medan / DPRD Dorong Pemko Medan Siapkan Lahan Perkuburan
Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga (WOL Photo/M Rizki)

DPRD Dorong Pemko Medan Siapkan Lahan Perkuburan

MEDAN, Waspada.co.id – Minimnya lahan makam atau perkuburan memang menjadi momok bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan seperti Kota Medan. Pasalnya kondisi makam saat ini, dalam satu liang lahat bisa terdiri dari dua jenazah bahkan lebih.

Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, mendorong Pemko Medan dalam hal ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan agar menyiapkan tempat peristirahatan terakhir bagi warga Kota Medan yang layak.

“Permasalahan ini memang sepele. Tapi kita melihat, hal itu perlu dipersiapkan. Mengingat jumlah pertumbuhan perkapita penduduk ibukota Provinsi Sumatera Utara ini mencapai 2,4 juta jiwa,” ucapnya, Jumat (20/12).

Lebih lanjut dikatakan Ihwan, Kota Medan dikelilingi Kabupaten Deliserdang yang sebagian lahannya merupakan lahan PTPN. Sudah sepantasnyalah Pemko Medan mencoba melakukan koordinasi untuk pelepasan hak atas lahan pemakaman ini.

“Lahan pemakaman yang selama inikan kebanyakan hibah dari masyarakat. Enggak salah juga kalau Pemko Medan memiliki lahan pemakaman sendiri,” imbuhnya.

Pada berita sebelumnya Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan, M Husni, mengaku kalau saat ini Pemko Medan tidak memiliki makam (lahan perkuburan) yang banyak. Dari luas areal 265,1 Km2, Pemko Medan hanya memiliki 6 titik makam.

“Kondisi ini yang coba kami petakan. Karena klasifikasi makam ini ada dua, ada wakaf dan ada yang dikelola oleh pemerintah. Kita menyadari zona area ini harus mampu melayani kondisi makam yang ada. Untuk itu, kami telah membuat sebuah perancangan,” ujarnya, Senin (10/12) lalu.

Perancangan yang dimaksud, sebut Husni, mengetahui wilayah mana saja yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan menyiapkan moda angkutan yang menjangkau lokasi padat penduduk.

“Walaupun makam ini bukan di inti kota, yang penting komunikasi tetap terbangun untuk pelayanan makam tersebut. Sekarang kita pakai dua konsep dulu, Utara dan Selatan. Di kawasan Utara sudah kita (Pemko Medan, red) siapkan lahan 4 Ha untuk makam. Sedangkan di kawasan Selatan 18 Ha,” bebernya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemko Medan Minta Maaf, Besok Sejumlah Ruas Jalan Ditutup Sementara

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.