Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / DJPb Salurkan Dana Desa Tahap Satu di Sumut Sebesar Rp700 Miliar
WOL Photo/Eko Kurniawan

DJPb Salurkan Dana Desa Tahap Satu di Sumut Sebesar Rp700 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah menyalurkan dana desa sebesar Rp700 miliar untuk tahap pertama ke 5000 lebih desa yang ada di Sumut.

Adapun total dana desa yang akan tersalurkan untuk seluruh desa yang ada di Sumut, sebesar Rp3,8 triliun yang akan ditransfer ke kas masing-masing daerah.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Sumut, Bakhtaruddin, mengatakan penyaluran dana tersebut dibagi menjadi tiga tahap dengan persentase yang berbeda.

“Ada tiga tahap penyaluran, tahap pertama sudah disalurkan 20 persen dari total Rp3,8 miliar yakni sebesar Rp 700 miliar. Tahap pertama sudah selesai, mulai Januari sampai April atau satu quartal,” tuturnya di sela-sela Media Gathering di Kantor Wilayah DJPb Kementerian Keuangan, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (12/9).

Dikatakan, untuk tahap kedua disalurkan 40 persen, saat ini sedang berlangsung dan akan berakhir di akhir bulan September mendatang. Untuk tahap kedua belum semua karena memang masih berlangsung. Setelah selesai nanti baru akan dilaporkan kembali.

“Di mana setelah selesai tahap kedua maka akan dilanjutkan ke tahap ketiga dengan penyaluran sekitar 40 persen lagi, biar merata dulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa masing-masing desa akan mendapatkan dana sebesar Rp 1 miliar dan dana tersebut nantinya untuk membangun desa mulai dari pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Dana tersebut seperti yang ditahap pertama sudah tersalur ke rekening kas daerah (RKD). Nanti penyerahan dari kas daerah ke rekening desa belum tentu semua. Hal tersebut karena mungkin perangkat desa atau peraturan daerah belum selesai,” tambahnya.

Bakhtaruddin menyebutkan, tugas DJPb selain mengawasi, memberikan masukan dan juga saran kepada pemerintah daerah. “Kalau ada penyimpangan maka tugas dari aparat yang ada di Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah bersama-sama dengan Polri untuk melakukan penindakan,” tegasnya. (wol/eko/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Lepas Kloter 09 Embarkasi Medan, Amran : Calhaj Doakan Indonesia Damai

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Bupati Kabupaten Simalungun, Ir Amran Sinaga, melepas keberangkatan jemaah calon haji ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: