Home / Medan / Dispora Medan Dukung Hari Sepeda Nasional
Kadispora Medan, Marah Husin Lubis.

Dispora Medan Dukung Hari Sepeda Nasional

MEDAN, WOL – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan mendukung kebijakan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menetapkan setiap tanggal 19 November adalah Hari Bersepeda Nasional. Di mana program tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat khususnya warga Kota Medan dan sesuai dengan Program yang tengah dijalankan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Marah Husin Lubis, mengatakan sebelumnya kegiatan bersepeda sudah lama dilakukan oleh para komunitas yang ada di Kota Medan. Komunitas tersebut telah membentuk pengurus hingga tingkat kecamatan. Begitupun, pihaknya mendukung penuh kebijakan Kemenpora, Imam Nahrawi.

“Setiap Pemko Medan menggelar Car Free Day (CFD) kita (Dispora, red) menyediakan tempat bagi para komunitas bersepeda. Jadi, usai acara CFD, para komunitas sepeda bebas menjalakan kegiatan mereka. Kita pasti dukung itu. Namanya juga untuk kesehatan masyarakat,” ungkapnya kepada Waspada Online, Kamis (25/1).

Menyangkut infrastruktur pendukung, sebutnya, pengguna sepeda di Kota Medan masih belum sempurna. Hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran yang di miliki Dispora Medan. Namun tidak tertutup kemungkinan wacana ini akan disampaikan ke Wali Kota Medan untuk segera ditindaklanjuti.

“Kita juga tidak malu mencontoh daerah-daerah yang sudah memberikan fasilitas pendukung. Contohnya di Singapura. Negera itu menyediakan fasilitas pada pengguna sepeda hingga disabilitas. Cuma kita belum ke arah sana. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terwujud,” pungkasnya.

Sejatinya Hari Bersepeda Nasional sangat bagus untuk diterapkan di negara berkembang seperti Indonesia. Dengan adanya payung hukum Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2013 tentang Jaringan Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan, para pengguna sepeda ini akan terlindungi hak-haknya. Apalagi Undang Undang tersebut diperkuat lagi dengan terbitnya peraturan daerah dan peraturan Wali Kota.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Dinkes Medan Kebut Sosialisasi Imunisasi MR

MEDAN, Waspada.co.id – Kadis Kesehatan Kota Medan, Usma Polita Nasution, menjelaskan imunisasi Measles Rubella (MR) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: